Aktivitas di Pelabuhan Padangbai. (BP/gik)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Arus penyebrangan di Pelabuhan Padangbai mulai memperlihatkan peningkatan. Ini dikarenakan Bali akhir pekan nanti akan melaksanakan Catur Brata Penyepian. Untuk mengantisipasi padatnya penyebrangan menjelang Nyepi, Pelabuhan Padangbai sudah menyiapkan ekstra trip.

Selain itu, penumpang yang menggunakan Pelabuhan Padangbai untuk menyeberang juga wajib memperhatikan jadwal keberangkatan kapal. AA Gede Kemara Sudarma, salah satu petugas dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XII Provinsi Bali, Rabu (14/3) menjelaskan untuk mengantisipasi agar tidak ada penumpang yang tertahan di pelabuhan akibat ketinggalan kapal terakhir, alias tidak terangkut, pihaknya akan memberlakukan ekstra trip. “Jangan sampai ada kendaraan atau penumpang yang malah tertahan di pelabuhan karena ketinggalan kapal. Sehingga, dipersiapkan ekstra trip,” katanya.

Pelabuhan Padangbai dipastikan ditutup total selama 24 jam penuh. Untuk mencegah adanya penumpang yang tertinggal di pelabuhan, kapal terakhir dari Pelabuhan Padangbai akan diberangkatkan pada Sabtu (17/3) sekitar pukul 03.00 wita dinihari.

Namun, jadwal tersebut menurutnya masih tentatif tergantung kondisi penumpang atau arus penyebrangan. “Jika ternyata arus penyebrangannya sangat padat, selain ekstra trip tadi, kemungkinan kapal terakhir akan diberangkatkan pada pukul 03.30 wita. Ini masih memungkinkan seperti pada tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Baca juga:  Karya Ngusaba Pura Ulun Danu Batur, Ini Pengalihan Arus Lalinnya

Terkait dengan itu, pihaknya menghimbau kepada calon penumpang yang akan menggunakan jasa penyebrangan Padangbai-Lembar untuk berangkat lebih awal. Ini untuk menghindari kepadatan arus penyebrangan dan antrian panjang. Sementara saat Ngembak Gni atau saat Catur Brata Penyepian berakhir pada Minggu (18/3) pagi, kapal pertama yang diberangkatkan dari Pelabuhan Lembar, Lombok, akan tiba di Pelabuhan Padang Bai sekitar pukul 09.00 wita.

Dari pantauan di Pelabuhan Padangbai, hingga Rabu (14/3), lonjakan penumpang masih bisa diatasi dengan jadwal penyebrangan normal. Lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi pada Kamis dan Jumat.

Salah satu Kru Kapal KMP Magasena saat ditemui di Dermaga I Pelabuhan Padangbai, juga menyampaikan kepadatan penumpang menjelang Nyepi, biasanya terjadi pada H-2 dan H-1 menjelang Nyepi. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.