JAKARTA, BALIPOST.com – Dalam rangka menyambut perayaan Nyepi, ribuan umat Hindu menggelar melasti. Melasti ini diikuti umat Hindu yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. Melasti yang digelar di Pura Segara Cilincing, Jakarta Utara.

Salah satu panitia melasti, Made Romiasa, menjelaskan upacara melasti disebut juga mekiis digelar untuk melebur kekotoran yang berasal dari perkataan, pikiran, dan perbuatan. Selain itu umat Hindu juga memperoleh air suci.

Selain melakukan persembahyangan, upacara melasti juga menjadi sarana pembersihan dan penyucian benda-benda sakral milik pura, seperti pralingga dan pratima. “Inti melasti adalah penyucian diri dan menyucikan alam semesta sehingga terjadi keharmonisan antara buana agung dan alit,” jelasnya.

Baca juga:  Pura Giri Jaya Natha

Ia juga menjelaskan umat Hindu diberikan kekuatan dan jalan yang benar saat perayaan Nyepi karena di saat Nyepi umat Hindu melakukan catur berata penyepian sehingga bisa memulai hidup yang baru di keesokan harinya.

Pelaksanaan melasti ini dihadiri Ketua PHDI, Wisnu Bawa Tenaya dan ketua PHDI DKI Jakarta, serta para ketua banjar. Selain itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga turut hadir dan menyapa umat Hindu yang menyelenggarakan melasti. (kmb/balitv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.