Kebun Raya Jagatnata memperbanyak koleksi tanamannya jelang dibuka akhir tahun ini. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Menjelang dibuka akhir tahun nanti, Kebun Raya Jagatnata mulai memperbanyak koleksi tanaman. Sejumlah tanaman yang diantaranya untuk keperluan upakara dan usada mulai didatangkan dan ditanam.

Salah satunya yang terlihat adalah koleksi pohon Kelapa. Dari total 25 jenis Kelapa, di Kebun Raya yang berlokasi dekat dengan Civic Center ini sudah tertanam sekitar 10 jenis kelapa dalam langka. Diantaranya seperti nyuh bojog, nyuh rangda, nyuh cakra, nyuh semulung dan lain-lain.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Jembrana Dewa Gede Ary Candra Wisnawa, Minggu (11/3) mengatakan  hingga saat ini Kebun Raya Jagatnata masih mengumpulkan koleksi tanaman yang akan ditanam. Jumlah tanaman nantinya akan menyesuaikan dengan luas areal kebun raya.

Selain mengoleksi dengan mencari, Kebun Raya juga memberikan kesempatan masyarakat menginformasikan tanaman yang dibutuhkan. Khususnya tanaman endemik. Diantaranya untuk keperluan Usada dan Upakara.

Baca juga:  TPA Temesi Dijadikan TPSTP Gianyar

Mantan Sekretaris Kecamatan Mendoyo ini mengungkapkan tim dari LIPI dan Kebun Raya Bedugul akan mengecek di Kebun Raya Jagatnatha untuk melakukan eksplorasi. Melalui eksplorasi ini nantinya akan diketahui jumlah tanaman yang akan dibutuhkan untuk ditanam.

Berbeda dengan Kebun Raya lainnya di Bali, Kebun Raya Jagatnata ini kendati arealnya yang tidak terlalu luas, namun jenis tanaman diplot tematik yakni untuk keperluan Usada dan Upakara. Saat ini bangunan fisik, seperti gedung dan sejumlah fasilitas dalam areal Kebun Raya sudah selesai. Tinggal menunggu melengkapi dengan koleksi  tanaman sesuai tematik tersebut. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.