Megawati dianugerahi gelar Doktor HC oleh IPDN. (BP/har)

SUMEDANG, BALIPOST.com- Pemberian Gelar Doktor Kehormatam/ Honoris Causa (H.C) bidang Politik Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kepada Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional. Rektor IPDN, Prof Ermaya Suradinata, menjelaskan pemberian gelar Doktor Honoris Causa dilakukan setelah tim promotor mempelajari dan menilai dengan seksama gagasan, prestasi, jasa yang luar biasa dari Megawati selama menjadi Presiden ke-5 RI.

Setidaknya ada 9 gagasan, prestasi dan jasa Megawati yang menjadi dasar pemberian gelar kehormatan ini. Antara lain mendorong penataan pemerintahan yang baik melalui dukungan terhadap amandemen konstitusi UUD 1945 dan menggagas perlunya koridor desentralisasi dalam bentuk grand design otonomi daerah.

“Dalam forum berwibawa ini, tim promotor mempunyai alasan yang kuat untuk meganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang Politik dan Pemerintahan kepada Ibu Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri,” ujar Prof Ermaya.

Baca juga:  HUT, Megawati Ajak Pimpinan Parpol dan Presiden Luangkan Waktu Bersantai

Hadir dalam acara, putra putri Megawati, yaitu Muhammad Rizky Pratama, Muhammad Prananda Prabowo dan Puan Maharani, serta sejumlah pejabat dan tamu undangan antara lain Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja antara lain Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Doni Mornado, mantan Ketua MK Mahfud MD dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.