Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gempabumi mengguncang Karangasem pada Sabtu (3/3). Gempa yang berskala 4,2 SR itu terjadi pukul 10.52 Wita.

Menurut Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl.SEIS, sebagian besar wilayah kabupaten Karangasem diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 4,2 SR. “Episenter pada koordinat 8,23 LS dan 115,49 BT, tepatnya pada jarak sekitar 13 km arah Barat Laut Karangasem dengan kedalaman 10 kilometer,” katanya.

Dijelaskan peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau III MMI di sebagian besar wilayah Karangasem. Dampak gempa berupa guncangan dirasakan Karangasem dan sekitarnya. “Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempabumi,” ujarnya.

Baca juga:  Lagi, Wisman Unggah Foto di Atas Pelinggih ke Medsos

Jika ditinjau lokasi pusat gempabuminya dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi yang terjadi disebabkan oleh sesar lokal. Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Ia mengimbau warga di wilayah Karangasem dan sekitarnya agar tetap tenang. Tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.