porsenijar
Pjs. Bupati Klungkung, I Wayan Sugiada, Kamis (1/3)melepas balon sebagai tanda Porsenijar 2018 dibuka. Acara tahunan ini diharapkan mampu melahirkan atlet dan seniman berpondasi kuat. (BP/adv)

PEMERINTAH Kabupaten Klungkung  kembali menggelar  Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar). Bertempat di Lapangan Puputan klungkung, pembukaannya ditandai pelepasan puluhan balon udara oleh Pejabat sementara (Pjs) Bupati Klungkung Wayan Sugiada, di Lapangan Puputan Klungkung, Kamis (1/3). Acara tahunan ini untuk menggali potensi atlet dan seniman muda yang berkualitas.

Sugiada yang didampingi Wakil Ketua DPRD Klungkung Nengah Ariyanta, Ketua KONI Wayan Subamia, Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto dan Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Nyoman Mudarta mengatakan untuk melahirkan atlet berprestasi, harus dilandasi dengan pembangunan pondasi yang kuat.

Mulai dari yang paling dasar, yaitu keluarga dan dilanjutkan ke lingkungan sekolah yang menjadi tempat paling strategis berkumpulnya para calon atlet dan seniman. Hal ini pun perlu didukung inovasi dalam pengembangan seni dan olahraga, serta melaksanakan program secara terukur dan terencana. “Seluruh komponen harus bergerak, memberikan dukungan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Disbudpora, Nyoman Mudarta  mengatakan Porsenijar ini mempertandingkan  16 cabang olahraga yang sudah dimulai dari 25 februari hingga 6 Maret 2018. Diantaranya atletik, karate, pencak silat, taekwondo, judo, bulutangkis, tenis meja, catur, panjat tebing, bola basket, bola Volly, renang, kriket, woodball, gateball, sepak takraw. Cabang Seni melombakan 14 nomor seni yang dilaksanakan  pada 7 sampai 9 maret 2018.

Baca juga:  Atlet Buleleng Dibekali Pemahaman Mental dan Psikologi Jelang Porprov

Diantaranya tari pendet, tari topeng arsa wijaya, tari kebyar duduk, tari teruna jaya, tari baris tunggal, macepat, makidung, makekawin, masatue Bali, mapidarta, dharma wacana, nyalin aksara Bali serta melukis.

Ditambahkan, event ini diikuti 1700-an peserta dan melibatkan 263 panitia wasit serta juri. Pelaksanaan Porsenijar ini merupakan ajang kompetisi untuk mengetahui hasil pembinaan cabang olahraga dan seni dimasing masing sekolah. Ajang ini juga sekaligus  sebagai seleksi atlet dan seniman yang akan dipersiapkan mewakili Klungkung diajang porsenijar tingkat provinsi, yang akan dilaksakan pada 1 sampai 6 Juni 2018 di Denpasar.

Acara pembukaan yang diikuti para siswa sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten klungkung ini diawali dengan atraksi olahraga bela diri tarung drajat,  marchingband serta baleganjur yang dipersembahkan para siswa SMKN 1 Klungkung, SMPN 2 Semarapura dan SMPN 1 Semarapura. Kemudian dilanjutkan dengan parade kontingen atlet dari seluruh kecamatan. Untuk para atlet yang berasal dari kecamatan Nusa penida, disiapkan tempat menginap yakni di SDN 1 Dawan Klod, SDN 2 Dawan klod dan SMPN 1 Dawan. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.