Perencanaan keuangan merupakan hal yang penting untuk diketahui semua orang. Salah satunya lewat asuransi. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Di zaman yang membutuhkan banyak sekali kebutuhan, baik kebutuhan pokok atau tambahan, memiliki kemampuan mengatur keuangan adalah hal yang sangat mutlak. Siapapun Anda dan apapun pekerjaan Anda, baik itu bos maupun freelancer sangat perlu memiliki kemampuan mengatur keuangan yang baik.

Mengatur keuangan bukan hanya soal berapa banyak Anda menyisihkan dana untuk kebutuhan A dan B. Namun lebih kepada membatasi diri Anda untuk hidup berfoya-foya yang pada akhirnya menyebabkan Anda tidak memiliki dana cadangan.

Perencanaan keuangan yang matang akan melatih Anda untuk hidup berhemat atau mungkin bisa dikatakan pas-pasan. Yang perlu Anda ketahui adalah hal itu akan menumbuhkan jiwa yang tidak mudah terlena oleh hal-hal yang bersifat sementara atau jangka pendek bagi Anda dikemudian hari.

Selain itu, merencakan keuangan juga dapat mengetahui batas kemampuan Anda untuk membeli suatu barang. Seperti contoh membeli ponsel baru Anda tidak akan memaksakan diri atau menghabiskan banyak dana, padahal Anda tahu ada kebutuhan lain yang lebih penting dan lebih mendesak.

Namun ada satu fakta penting soal perencanaan keuangan yang harus Anda ketahui, tahukah Anda bahwa perencanaan sangat erat hubungannya dengan asuransi? Ya, asuransi merupakan salah satu yang sering masuk dalam anggaran perencanaan keuangan. Kenapa asuransi? Jawabannya sebagai berikut, silakan disimak ya!

1.  Dana Kesehatan

Salah satu anggaran yang paling penting dan harus ada dalam perencanaan keuangan Anda adalah dana kesehatan. Dana kesehatan ini akan Anda pakai ketika tiba-tiba Anda mengalami sakit atau kecelakaan beresiko yang mengharuskan Anda untuk menjalani rawat inap atau rawat jalan.

Bagi pekerja yang belum memiliki gaji yang tinggi tentu saja dana yang disisihkan tidak bisa terlalu banyak, oleh karena itu biasanya mereka memilih menggunakan asuransi sebagai penjamin resiko kesehatan mereka. Dengan premi yang dapat disesuaikan para nasabah bisa mendapatkan fasilitas kesehatan secara maksimal, oleh karena itu jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan ya!

Baca juga:  Dinanti, Tindakan Nyata Janji Tolak Reklamasi Teluk Benoa

 2. Asuransi Jiwa

Resiko hilangnya penghasilan karena kematian seringkali menghantui setiap pekerja. Selain kematian resiko hilangnya penghasilan juga dapat dipicu dengan hilangnya pekerjaan karena adanya kecelakaan saat bekerja hingga menimbulkan cacat tetap total. Hal inilah yang membuat para perusahaan asuransi menawarkan asuransi jiwa kepada para pekerja.

Sebagai pengalihan resiko hilangnya penghasilan Anda disarankan memiliki asuransi jiwa yang nilai uang pertanggungannya bisa menggantikan kebutuhan pokok hingga anak terkecil berusia 7 tahun. Jadi tidak usah ragu menyisihkan dana untuk asuransi jiwa dalam perencanaan keuangan Anda.

3. Asuransi Pendidikan

Bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki buah hati, tentu memiliki asuransi pendidikan adalah hal terbaik yang bisa Anda persembahkan pada mereka. Asuransi pendidikan mampu memberikan pengumpulan dana yang lebih besar dibandingkan dengan tabungan pendidikan karena dana yang masuk akan dijadikan produk investasi.

Asuransi pendidikan juga bersifat jangka panjang, hal ini dikarenakan Anda tidak akan mendapatkan hasil investasi pada 5 tahun pertama namun mendapatkan hasil investasi ketika Anda melewati 5 tahun pertama. Asuransi pendidikan juga akan menjamin tersedianya dana pendidikan untuk buah hati Anda jika suatu hari Anda sebagai tertanggung meninggal dunia.

Jadi masihkah Anda kesulitan mengatur perencanaan keuangan Anda? Semoga 3 asuransi di atas bisa memberikan solusi terbaik untuk Anda ya! Cari lah asuransi mobil terbaik di Indonesia di www.asura.co.id. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.