Makan Alpukat
Bila ingin makan alpukat, harus dicuci bersih terlebih dulu. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Semua orang tentu tidak menginginkan adanya kelebihan kolesterol dalam tubuhnya. Untuk itu, makanan tertentu harus dihindari karena bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

Buah, merupakan salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi. Sebab, umumnya buah kaya serat sehingga dapat mengikat kolesterol di dalam saluran cerna dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum terserap masuk ke aliran darah. Sebagian lagi mengandung antioksidan yang dapat menghambat pembentukan kolesterol jahat.

Berikut ini adalah enam buah terbaik untuk membantu Anda menurunkan kolesterol, dikutip dari klikdokter.com :

1. Jeruk bali

Sebuah studi menemukan fakta bahwa terdapat penurunan tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL) yang signifikan pada orang-orang yang mengonsumsi jeruk bali 3 kali sehari selama 6 minggu. Ini dikarenakan jeruk bali kaya akan serat larut pektin, yang diketahui dapat menghambat penyerapan kolesterol.

Jeruk bali juga mengandung flavonoid naringenin yang dapat menurunkan kadar trigliserida dan mencegah penumpukan plak kolesterol di dalam darah. Kendati demikian, Anda harus berhati-hati saat mengonsumsinya karena jeruk bali dapat memperkuat efek beberapa obat, seperti obat penurun tekanan darah dan penurun kolesterol golongan statin.

Kandungan dalam jeruk bali dapat menghambat kerja enzim pada dinding usus sehingga obat lebih mudah diserap ke dalam tubuh. Ini membuat kadar obat meningkat di dalam darah.

2. Anggur

Manfaat anggur dalam menurunkan kadar kolesterol LDL berasal dari anthocyanin dan polifenol resveratrol yang ada pada bagian kulitnya. Resveratrol meningkatkan pengubahan kolesterol menjadi asam empedu di dalam hati sehingga pembentukan LDL berkurang.
Sedangkan anthocyanin berfungsi menurunkan kadar trigliserida di dalam hati, yang pada akhirnya juga menurunkan produksi lipoprotein yang membentuk LDL.

Baca juga:  Nikmati Buah dan Sayuran Segar di Buncop

3. Apel

Ada ungkapan “two apples a day keep bad cholesterol away” yang memang benar adanya. Apel kaya akan serat larut pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

Apel juga mengandung polifenol yang bersifat antioksidan, sehingga dapat menghambat oksidasi LDL. Oksidasi LDL inilah yang membuat plak kolesterol menumpuk dalam pembuluh darah dan memicu penyumbatan.

4. Buah beri

Buah beri merupakan sumber polifenol anthocyanin dan serat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Sebuah studi tahun 2009 yang dimuat dalam Nutrition Journal menemukan bahwa kadar kolesterol LDL dan total wanita yang mengonsumsi bubuk kering stroberi dalam minuman turun secara signifikan dalam kurun waktu 4 minggu.

Dari berbagai studi didapatkan bahwa blackberry memiliki efek menurunkan kadar kolesterol LDL yang terbesar.

5. Pir

Seperti apel, buah yang memiliki tekstur crunchy dan manis ini kaya akan serat pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Pektin akan mengikat kolesterol di dalam usus dan mengeluarkannya sebelum diserap oleh tubuh.

Lebih jauh lagi, sebuah penelitian yang dipublikasi oleh American Heart Association menemukan bahwa konsumsi satu pir sehari dapat mencegah strok hingga 52 persen. Sebaiknya konsumsi pir utuh tanpa dikupas karena kandungan serat paling banyak terdapat pada bagian kulitnya.

6. Alpukat

Alpukat adalah satu-satunya buah yang kaya akan lemak sehat. Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal (mono unsaturated fatty acids), yang dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol “jahat” LDL. Alpukat juga mengandung beta-sitosterol yang dapat menurunkan penyerapan kolesterol dari makanan. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.