Danone-Aqua meraih sertifikat B-Corp. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Danone-Aqua, pelopor bisnis Air Minum Dalam Kemasan, yang telah beroperasi selama 45 tahun, telah menerima sertifikasi B-Corp, yang mengakui praktik terbaik dan ketaatan dengan standar tertinggi terhadap kinerja sosial dan lingkungan, transparansi dan akuntabilitas. Dengan pencapaian ini, Danone-AQUA menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi ini.

Melalui pengakuan B-CORP ini, Danone-Aqua bergabung dengan komunitas bisnis yang berkembang pesat di seluruh dunia dan juga di dalam negeri yang bertujuan menggunakan kekuatan bisnis untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan. “Ini adalah sebuah prestasi penting bagi kami dengan menjadi perusahaan FMCG pertama yang meraih sertifikasi B-Corp di Indonesia. Kini, lebih dari sebelumnya, target kami adalah untuk menjaga standar tertinggi dari komitmen ini,” sebut Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-Aqua), Corine Tap.

Ia mengatakan ini adalah bukti dari perjalanan Danone-Aqua selama 45 tahun di Indonesia yang menyediakan hidrasi yang sehat dan menerapkan praktik bisnis berkelanjutan. “Sebagai sebuah B Corporation, Danone-Aqua akan meneruskan komitmennya untuk memimpin bisnis berkelanjutan dengan menginspirasi dan memfasilitasi aksi kebaikan melalui tiga pilar kebaikan, yaitu Kebaikan untuk Alam, Kebaikan untuk Manusia dan Kebaikan untuk Masyarakat,” ujarnya.

Gerakan B Corp, diprakarsai oleh organisasi nonprofit B Lab, terdiri lebih dari 2.400 perusahaan di lebih dari 50 negara yang berinovasi untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, meningkatkan dampak positif bagi karyawannya serta lingkungan dimana mereka beroperasi. Diantara perusahaan tersebut adalah Happy Family, Les Deux Vaches, Danone Spain, Danone Dairy UK dan Aguas Danone
Argentina (seluruhnya adalah bagian dari Danone), Patagonia, Ben & Jerrys, Nature & Découvertes atau Veritas.

Baca juga:  Pabrik Aqua Mambal Raih Proper Emas, 8 Pabrik Lainnya Raih Proper Hijau

Menurut  Corine Tap, sejak awal, bapak pendiri Danone dan Aqua, Antoine Riboud dan Tirto Utomo sangat percaya bahwa bisnis harus bersinergi dengan kinerja sosial dan lingkungan, yang disebut dengan komitmen ganda. “Merayakan ulang tahun ke-45 Danone-Aqua dengan mendapatkan sertifikasi B-Corp akan menguatkan komitmen kami untuk melanjutkan dan memperbaiki kinerja agar keberadaan kami dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan alam dimana hal tersebut sesuai dengan misi Danone One Planet One Health,” jelas Corine.

Corey Lim, Vice Chairperson Asia Pasific B-Corp Association, mengatakan setiap perusahaan harus memiliki standar tertinggi dalam tanggung jawab sosial dan pencapaian dalam melindungi lingkungan, juga tansparansi dan akuntabilitas dari dampak bisnisnya. “Kita ingin menginspirasi pelaku bisnis di seluruh dunia agar peduli dan bertanggung jawab dengan melihat kembali dan mengukur kebijakan perusahaan serta kinerja dalam aspek tata kelola, ketenagakerjaan, masyarakat, lingkungan dan model bisnis dalam sertifikasi B-Corp. Danone-AQUA telah melewati seluruh proses audit sertifikasi dan telah dinilai memenuhi standar.” (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.