Hasto Kristiyanto. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Rakernas III PDI Perjuangan yang akan dibuka pada Jumat (23/2) ini mengambil tema “Pola Pembangunan Berdikari untuk Indonesia Raya”. Tema ini sengaja dipilih guna memberikan arah terhadap prioritas pembangunan bangsa dan negara yang seharusnya bertumpu pada jalan pembumian Pancasila, dengan menggelorakan harkat dan martabat bangsa,dan percaya pada kekuatan bangsa sendiri.

“Bangsa Indonesia dibentuk dengan cita-cita besar, mewujudkan masyarakat adil dan makmur; suatu tatanan yang hanya terbentuk apabila kita berdaulat, berdikari, dan bangga dengan kebudayaan kita sendiri,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (22/2).

Baca juga:  Kaesang Gunakan Kaus Bergambar Prabowo, Ini Kata PDIP

Atas dasar itu, selain membahas hal-hal strategis terkait pelaksanaan pilkada serentak, konsolidasi Partai dalam rangka pileg dan pilpres 2019, hal-hal berkaitan dengan konsepsi pola pembangunan berdikari mendapat porsi pembahasan yg sangat besar. “Apa yang dibahas sebagai Pola Pembangunan Berdikari nanti akan menjadi dasar bagaimana Partai mengelola pemerintahan negara dari pusat hingga ke provinsi, kab kota, hingga di tengah rakyat. Konsepsi tersebut menjadi acuan kebijakan yang dijabarkan seluruh kader Partai di Pemerintahan. Contoh sederhana, bagaimana Indonesia berdaulat di bidang pangan, dijabarkan dalam Pembangunan Berdikari tersebut,” kata Hasto.

Baca juga:  Protes Penindakan ODOL, Sopir Truk Demo di Gilimanuk

Seluruh persiapan Rakernas dipimpin oleh I Wayan Koster sebagai Ketua Panitia Penyelenggara/Organizing Committee (OC), Sukur Nababan sebagai Ketua Panitia Pengarah/Steering Committee (SC) dan Prananda Prabowo sebagai salah satu Pengarah Panitia. “Mas Prananda memerhatikan tidak hanya substansi ideologis dari setiap materi yang disampaikan. Hal2 terkait Rakernas yang diselenggarakan secara tertutup tsb juga, hingga hal detail terkait pemasangan bendera pun tidak luput dari perhatian Putra kedua Ibu Megawati tersebut,” terang Hasto.

Baca juga:  Untuk Kader Tak Dapat Rekomendasi, Ini Pesan Koster

Hasto mengatakan keseluruhan materi Rakernas menunjukkan perhatian PDI Perjuangan terhadap watak politik ideologis yang membangun peradaban. (Hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *