Pangdam IX/Udayana Mayjend TNI Benny Susianto yang juga selaku Pangkoops PAM VVIP kunjungan Presiden meninjau lokasi, Kamis (22/2). (BP/ist)

TABANAN, BALIPOST.com – Menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Taman Pujaan Bangsa Margarana, Kecamatan Marga, Tabanan, Jumat (23/2), Polres Tabanan akan menerjunkan 206 personil, untuk mengamankan kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Kalau ring satu itukan dari paspampres, dan untuk pengamanan sepenuhnya dikomandoi Kodam IX Udayana,” terang Kasubag Humas Polres Tabanan, AKP I Putu Oka Suyasa, Kamis (22/2).

Dikatakannya, sebanyak 206 personil dari Polres Tabanan dikerahkan dalam pengaturan lalulintas. Tambahan personil pun akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan, Satpol PP, TNI yang ada di Tabanan, termasuk juga atensi Kodam IX Udayana. “Jumlah pasti keseluruhan kami tidak tahu, tentu akan dilakukan pengamanan VVIP, tetapi untuk Polres saja 206 dikerahkan dalam pengaturan lalulintas,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan kedatangan Presiden Jokowi tidak sampai melakukan penutupan jalur. Namun jalur akan seteril start dari Polsek Marga ke Taman Pujaan Bangsa Margarana atau sepanjang 2 kilometer. “Tidak ada penutupan jalan, namun hanya dialihkan ke jalur alternatif,” tegasnya.

Mengenai parkir, mengingat hari ini akan ada 9000 masyarakat yang datang termasuk undangan yang hadir, untuk bus-bus besar diarahkan parkir ke Terminal Tuakilang, sementara kendaraan pribadi akan diarahkan parkir diseputaran jalur Tunjuk, Desa Tunjuk, Kecamatan Marga, Tabanan. “Khusus bus-bus besar kami arahkan ke Terminal Tuakilang, dengan terlebih dahulu menurunkan masyarakat di Depan Taman Pujaan Bangsa Margarana lalu pulangnya akan dijemput kembali,” beber AKP Suyasa.

Baca juga:  Proyek Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai Mulai Digarap, Amdal Masih Dibahas

Untuk memantapkan acara tersebut, pada Kamis pagi telah dilakukan gladi bersih dalam pengaman Presiden Jokowi khususnya di pengaturan lalulintas.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kabupaten Tabanan I Putu Dian Setiawan, mengatakan berbagai persiapan dilakukan untuk acara tersebut terutama mendatangkan seluruh pemohon. Sebanyak 250 unit bus digunakan untuk membawa seluruh penerima sertifikat ke TPB Margarana.

Bus akan mendroping peserta ke lokasi selanjutnya meningglkan lokasi menuju areal parkir yang sudah ditentukan. “Selesai acara bus kembali menjemput warga dan membawa pulang ke kecamatan masing-masing. Ada 250 armada bus disiapkan,” ungkapnya.

Di lokasi yang terpusat di areal bagian tengah TPB Margarana juga telah dipasang tenda besar. Sebelumnya tenda sempat di Utara  menghadap ke Selatan, kemudian dirubah  di Barat menghadap ke timur.

Bahkan untuk kesiapan acara mendapat perhatian langsung Pangdam IX/Udayana Mayjend TNI Benny Susianto.  Pangdam yang juga selaku Pangkoops PAM VVIP kunjungan presiden menyempatkan meninjau  lokasi. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.