Pemkab Karangasem menerima investor yang akan mengembangkan agrowisata di Desa Dukuh Kubu, Karangasem. (BP/gik)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kecamatan Kubu selama ini dikenal sebagai daerah tandus. Tetapi, bagi Desa Dukuh, Kubu, daerah ini punya cerita lain. Desa ini justru ingin mengembangkan agrowisata, sebagai wajah buru pariwisata Kubu dan Karangasem pada umumnya.

Manajer Agrowisata Dukuh Ketut Degeng, Rabu (21/2), mengatakan ingin membuat agrowisata Desa Dukuh Kubu dengan mengembangkan pariwisata berbasis pertanian. Ada tiga tanaman yang ingin dikembangkan, antara lain kelapa genjah kuning nias, genjah kuning Bali serta bunga mawar. “Kami ingin menciptakan sesuatu yang beda,” kata Degeng, saat bertemu dengan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Kantor Bupati.

Pengembangan agrowisata ini akan dilakukan di bawah PT Pemaba Sejahtera. Degeng bersama investor dari Lampung dan Jakarta mengaku sengaja datang menemui Bupati Mas Sumatri. Mereka berharap, Bupati Mas Sumatri mendukung rencana mereka mengubah wajah Kubu menjadi lebih baik.

Salah satu investor, Petrus, berharap rencana ini dapat diwujudkan dengan menyewa lahan masyarakat sekitar. Sehingga, nantinya para petani setempat yang menanam tiga jenis tanaman tersebut. Jika yang ditanam nanti sudah siap panen, pihaknya akan siap membeli hasil panen itu dari masyarakat.

Baca juga:  Investor Jerman Lirik Penanganan Sampah di TPA Suwung

Cara ini sebagai salah satu upaya dalam membantu Karangasem dari sektor pariwisata khususnya wilayah Desa Dukuh, Kubu. “Saya belum pernah lihat desa yang indah seperti Desa Dukuh. Di sini, saya bisa melihat Gunung Agung dari laut. Kenapa saya memilih kelapa? karna tidak ada ritual di Bali tanpa memerlukan kelapa. Jadi saya ingin mengembangkan tanaman kelapa di Karangasem khususnya di Desa Dukuh,” jelasnya.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Kadis Pertanian, Kepala Bapelitbangda dan Camat Kubu, sangat mengapresiasi terobosan ini. Ia menilai upaya ini akan menambah keberagaman pariwisata di Karangasem.

Ia berharap pariwisata Karangasem bisa berkembang lebih baik, khususnya di daerah Kubu lewat agrowisata kelapa, padi dan bunga mawar. “Kami akan bicarakan dan bahas ini kembali dengan OPD terkait. Jika investor ingin mengembangkan ini di Karangasem, poinnya yang kami harapkan bisa berdampak positif bagi masyarakat kami,” kata Bupati Mas Sumatri. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.