Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman. (BP/nel)

DENPASAR, BALIPOST.com – Keputusan tuan rumah PON XXI/2024, pada Raat Anggota KONI Pusat, yang digelar pada April sampai Mei mendatang. Sementara yang mengajukan menjadi tuan rumah hajatan multievent empat tahunan antarprovinsi se-Indonesia, adalah Bali/NTB, Sumut/Aceh, dan Kalsel.

Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, di Denpasar, Rabu (21/2), menjelaskan, pihaknya mempersilakan ketiga kandidat tuan rumah untuk untuk mengajukan diri (bidding), mulai 26 Februari nanti. Tono Suratman mengingatkan, upaya menjadi tuan rumah harus mendapat dukungan dari pemerintah, berikut menyiapkan anggaran, termasuk membenahi sarana dan fasilitas olahraga untuk tempat pertandingan (venue).

Sementara Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan, pihaknya memprogamkan pembangunan stadion bertaraf internasional, di Bali. Ia juga mendukung pengembangan olahraga di Pulau Dewata, dikemas bersama sektor wisata (tourism). Buktinya, tim raksasa sepak bola Real Madrid, berniat mendirikan akademi di Pulau Seribu Pura ini. “Hampir saja deal, Real Madrid bakal membuat akademi di Bali,” tutur Gubernur Mangku Pastika.

Baca juga:  Dewa Ary Kembali Pimpin KONI Tabanan

Di sisi lain, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi menegaskan, dalam perebutan tuan rumah PON, Bali yang mengajukan diri bersama NTB, merasa optimis bisa terwujud. Apalagi, dirinya telah berkunjung ke beberapa KONI provinsi, alhasil setidaknya 25 KONI provinsi mendukung Bali menjadi tuan rumah PON.

Selain itu, pemprov juga berniat mendirikan stadion bertaraf internsional. Alternatif lainnya merenovasi stadion tertua di Bali Stadion Ngurah Rai, atau membangun stadion baru, di lokasi lain. (Daniel Fajri/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.