GIANYAR, BALIPOST.com – Inspektorat Kabupaten Gianyar terus melakukan pemeriksaan terhadap jalannya pemerintahan yang di pimpin Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata. Terkahir inspektorat mendapati 63 temuan di sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Gianyar. Hal ini diungkapkan Inspektur Kabupaten Gianyar, I Made Juanda, SE.,MM pada Senin (19/2).

Juanda mengatakan pihaknya dengan menggandeng BPK, melakukan pemeriksaan komprehensif terhadap 12 obyek pemeriksaan dengan 10 kategori penilaian. Kategori tersebut didasarkan pada Indikator Kinerja Utama (IKU) Inspektorat Kabupaten Gianyar dan dikaitkan dengan Key Process Area (KPA) Leveling. “Kami melakukan penilaian terhadap jalannya pemerintahan di Kabupaten Gianyar sepanjang 2017,” katanya.

Dari 12 obyek pemeriksaan pada OPD di lingkungan Pemkab Gianyar, pihaknya mendapati 63 temuan. Terdiri dari temuan administrasi sebanyak 35 temuan dan temuan berupa keuangan sebanyak 28 temuan. “Untuk temuan keuangan itu nilai mencapai Rp 371.575.610,” ucapnya

Juanda menambahkan dari 63 temuan pemeriksaan, 47 temuan telah selesai ditindaklanjuti. Sedangkan sisanya 16 temuan pemeriksaan masih dalam proses monitoring tindak lanjut hasil pemeriksaan. “Yang 16  ini masih ditindaklanjuti,” kata Juanda.

Selain temuan itu, Inspektorat Kabupaten Gianyar juga memberikan penghargaan kepada OPD terbaik di Lingkungan Pemkab Gianyar di wantilan Restoran Bebek Bengil, Senin, (19/2). Adapun penerima penghargaan diberikan kepada OPD dengan 10 kategori antara lain, OPD dengan temuannya kurang dari lima temuan dan katagori temuan inmaterial terkecil diraih Bagian Pengadaan Setda Kabupaten Gianyar. OPD yang tidak memiliki temuan berulang diraih Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM.

Baca juga:  Per 1 Januari Diberlakukan, Tim Gabungan Mulai Sosialisasi Penertiban Parkir di Ubud

OPD yang memperoleh nilai audit kinerja terbaik (KPA) diraih Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, nilai evaluasi SAKIP/LKjIP yang terbaik dari tahun 2012-2017 diraih Bappeda dan Litbang. OPD yang tercepat menyelesaikan temuan sesuai dengan monitoring tindak lanjut diraih Bagian Umum Setda Kabupaten Gianyar.

OPD yang tercepat menyelesaikan temuan BPK RI UPT Kesmas Payangan, OPD yang tercepat menyelesaikan temuan Inspektorat Provinsi Bali diraih Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar. “Pemberian penghargaan ini diharapkan bisa menjadi motivasi. Sebagai virus disebarkan ke seluruh OPD sehingga yang lain dipicu. Ketika kita berbicara baik, disanalah akuntabilitas itu bicara. Jika seluruh OPD semuanya baik, segi laporan keuangan, SAKIP, saya rasa tata kelola kita secara umum baik juga,” tandas Juanda.

Sementara Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata mengatakan, pengawasan atas penyelenggaraan Pemda merupakan proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin agar pemerintahan berjalan secara efisien dan efektif. “Penghargaan ini diberikan dengan harapan agar dapat memacu motivasi bagi entitas untuk lebih meningkatkan kulitas kerjanya secara berkelanjutan dalam meuwujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” katanya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.