Paslon Pilkada Klungkung sepakat melakukan kampanye damai dalam kegiatan yang digelar Minggu (18/2). (BP/ina)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung Tjokorda Bagus Oka-I Ketut Mandia (Bagia) dan I Nyoman Suwirta-I Made Kasta (Suwasta), menyatakan sepakat untuk melakukan kampanye damai. Kesepakatan tersebut dibuktikan kedua paslon dengan menandatangani naskah deklarasi kampanye damai saat Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan KPU Klungkung di Balai Budaya I Dewa Agung Istri Kanya, Minggu (18/2).

Acara deklarasi kampanye damai, dihadiri Ketua KPU, Ketua Panwaslu, Kapolres, Dandim, DPRD, serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Klungkung lainnya. Penandatanganan deklarasi juga disaksikan langsung oleh tim pemenangan dan simpatisan pasangan calon. Acara deklarasi kampanye damai diawali dengan orasi dari dua orang pelajar SMA yang mewakili pemilih pemula.

Ketua KPU Klungkung Made Kariada mengatakan kampanye damai adalah syarat utama untuk menyukseskan Pilkada Klungkung. Selama pelaksanaan kampanye dia meminta kepada seluruh pihak untuk tidak menginformasikan kebohongan.

Pelaksanaan kampanye diharapkan mengutamakan persaudaraan sehingga tercipta situasi pilkada yang aman dan damai. Kariada meningatkan kepada kedua paslon untuk tidak melakukan politik uang. Karena politik uang berpotensi besar mendorong terjadinya korupsi.

Ketua Panwaslu Klungkung, I Komang Artawan, mengatakan pihaknya memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk mewujudkan Pilkada yang berintegritas. Pihaknya juga mengajak semua pihak untuk menolak politik uang yang dapat merusak kualitas Pilkada. Demikian juga dengan politik sara yang berpotensi mengganggu persatuan dan persaudaraan agar dihindari. “Menghadapi tantangan tersebut kami mengaja seluruh komponen untuk sama-sama mewujudkan pemilu yang bersih berintegritas dan berkualitas. Tolak politik uang dan politik sara,” tegasnya.

Baca juga:  Pembukaan Kampanye, Paslon Janji “Haramkan” Politik Uang

Sekda Klungkung Gede Putu Winastra mewakili Pjs. Bupati Klungkung menyampaikan pihaknya sangat menyambut baik kegiatan deklarasi kampanye damai. Pihaknya berharap pemilihan bupati dan wakil bupati Klungkung 2018 benar-benar menjadi pesta demokrasi dan pesta rakyat untuk memilih pemimpin Klungkung kedepan.

Sementara itu dalam acara deklarasi kampanye damai, kedua paslon diberikan kesempatan oleh KPU untuk menyampaikan orasi politik. Dalam orasinya paslon Bagia menyerukan kepada seluruh pendukung dan simpatisannya untuk menaati apa yang telah dideklarasikan demi menjaga Klungkung tetap Santhi dan Bagia. Keduanya juga memaparkan visi misi yang akan dilaksanakan ke depan jika diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk memimpin Klungkung, diantaranya dalam bidang pangan, kesehatan, pendidikan, adat dan agama, serta pariwisata.

Sedangkan Paslon Suwasta di awal orasinya menyampaikan komitmennya untuk menolak dan melawan korupsi. Paslon petahana itu menyampaikan visinya untuk menjadikan Klungkung menjadi kabupaten yang unggul dan sejahtera. Ada beberapa program unggulan yang dilaksanakan ke depan jika kembali dipercaya memimpin Klungkung diantaranya meningkatkan pelayanan kesehatan gratis, menuntaskan program 1 TK negeri di setiap desa, memberangkatkan anak dari KK miskin ke kapal pesiar dengan gratis, mewujudkan pelabuhan segitiga emas untuk meningkatkan sumber pendapatan daerah serta beberapa program lainnya. (Dayu Swasrina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.