Dinding Youth Park yang terletak di Taman Lumintang dicat mural. Kegiatan ini dimulai Rabu (14/2). (BP/wan)

DENPASAR, BALIPOST.com – Youth Park yang terletak di Taman Kota Lumintang, Denpasar merupakan salah satu areal yang diperuntukkan bagi generasi muda berkumpul dan berkreasi. Pada Rabu (14/2) bertepatan dengan perayaan Valentine, digelar pengecatan mural yang acaranya diresmikan Wali Kota Denpsaar, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Pengecatan mural ini dimaksudkan untuk mempercantik dinding Youth Park. Sebenarnya usulan sudah diajukan pada 2017 lalu, namun baru terealisasi di 2018.

Guna meresmikan pengecatan mural ini, Rai Mantra melakukan prosesi pengecatan pada salah satu dindingnya dengan menggunakan cat Propan. Mengusung tema “Denpasar, Youth and Culture”, desain mural yang akan digambar di sini memiliki konsep kolaborasi yang di dalamnya syarat akan seni dan budaya serta aktivitas positif anak muda “zaman now”.

Adalah Arsitek Tanpa Nama (ATN), yakni sebuah komunitas arsitek di Bali, yang menggagas dibuatnya acara pengecatan mural di Youth Park yang terletak di sudut tenggara Taman Kota Lumintang. Bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Desain Bali (STD Bali), New Media College, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Denpasar, Badan Kreatif Denpasar, Badan Pemuda Kreatif Denpasar, dan perusahaan cat PT Propan Raya, komunitas ini membuat ide mempercantik Youth Park dengan mural.

Harapannya, kegiatan ini dapat memperindah salah satu sudut Kota Denpasar, mewadahi kegiatan kreatif pemuda, serta menjadi pemicu kegiatan mural lainnya yang berada di kota Denpasar. “Tujuan dari acara ini adalah terwujudnya mural kreatif komunitas pada ruang-ruang kota yang belum tertata optimal, terwadahinya apresiasi dan karya seni pemuda, terciptanya sinergi yang baik antara pemuda dan pemerintah, termanfaatkannya ruang publik kota untuk pemuda dengan lebih optimal,” ucap Rai Mantra.

Baca juga:  Terminal Ubung Dirancang Jadi Parkir Sementara

Pada kesempatan terpisah, CEO PT Propan Raya, Kris Rianto Adidarma, mengungkapkan kekagumannya dengan apa yang dilakukan pemerintah Kota Denpasar. Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah Kota Denpasar merupakan hal yang positif. Apalagi, anak muda adalah generasi penerus bangsa. “Generasi muda adalah tulang punggung bangsa, penerus tongkat estafet kepemimpinan selanjutnya. Masa depan Bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi muda Bangsa ini. Dengan memberikan ruang positif bagi generasi muda, artinya kita juga dapat menuntun mereka ke arah yang benar dan siap memperkuat pondasi bangsa di masa mendatang,” ucap Kris Rianto Adidarma.

Selain diresmikan dengan prosesi pengecatan, Wali Kota juga memberikan beberapa tangkai bunga kepada peserta yang hadir. Hal ini tak terlepas karena tanggal 14 Februari bertepatan dengan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. “Saya mendorong masyarakat Denpasar lebih kreatif dan semakin penuh cinta,” ucapnya.

Acara pengecatan ini tak hanya berlangsung pada Rabu ini saja. Akan dilanjutkan keesokan harinya hingga benar-benar terealisasi sesuai gambar. Jadi, yang penasaran dengan gambar mural sekaligus ingin ketemu dengan anak-anak muda kreatif Denpasar, ayo datang dan kunjungi Youth Park Denpasar. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.