JAKARTA, BALIPOST.com – Dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 17 Maret 2018, panitian pelaksana perayaan Nyepi DKI Jakarta menggelar acara bakti sosial dan pemeriksaan kesehatan. Pelayanan kesehatan dan baksos ini diperuntukkan bagi para pinandita dan serati banten yang ada di Jabodetabek.

Kegiatan digelar di Wantilan Pura Aditya Jaya Rawangun, Jakarta. Dalam pelaksanaan baksos dan pelayanan kesehatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Puskesmas Pulogadung.

Ada pelaksanaan sosialisasi terkait kesehatan dan vaksinasi difteri untuk usia 0-19 tahun. Pemeriksaan kesehatan gratis dan tali kasih berupa bantuan sembako untuk pinandita juga digelar.

Menurut Ketua PHDI DKI Jakarta, Ketut Wiardana, kegiatan ini rutin digelar tiap tahun dalam rangka perayaan Nyepi. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan baksos tidak dibuka untuk umum namun untuk umat Hindu, khususnya pinandita dan serati banten.

Baca juga:  7  Pasien Keracunan di Gianyar Masih Dirawat

Ini, tambahnya, merupakan cara mengucapkan terima kasih pada para pinandita dan serati banten. “Baksos ini menyangkut sosialisasi masalah kesehatan dan pemberian vaksin difteri, pemeriksaan lab, dan pemberian obat-obatan gratis. Selain itu ada tali kasih untuk pinandita dan serati banten,” ujarnya.

Ia mengatakan berkat para pinandita dan serati banten, program PHDI bisa berjalan. Terutama menyangkut pelaksanaan Nyepi yang akan digelar Maret mendatang.

Baksos ini, katanya, akan digelar di 2 tempat. Pelaksanaan kedua setelah di Pura Aditya Jaya Rawamangun adalah di Pura Dalem Cilincing, Jakarta Utara. Untuk di Cilincing, selain umat Hindu juga dibuka untuk umum. (kmb/balitv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.