Buah Pare kaya manfaat bagi tubuh. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mendengar kata buah pare, otomatis kita akan memikirkan tentang pahitnya buah yang satu ini. Kerap dijadikan pelengkap dalam isian Siomay, tapi banyak yang tidak suka memakannya.

Padahl dibalik rasanya yang pahit, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika rajin mengonsumsi pare. Seperti dikutip dari WebMD, baik buah pare maupun bijinya, memiliki manfaat untuk kesehatan. Jika Anda mengalami gangguan perut atau pencernaan, seperti gastrointestinal, konstipasi atau cacingan, bisa mengonsumsi pare.

Selain itu, buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk masalah batu ginjal, diabetes, demam atau penyakit kulit yang disebut psoriasis. Singkatnya, meskipun rasanya pahit, pare punya segudang manfaat.

Berikut ini adalah keuntungan yang Anda dapatkan bila mengonsumsi pare, dikutip dari klikdokter.com :

1. Mengatasi diabetes

Konsumsi pare membantu Anda mengatasi diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 sebagian besar disebabkan karena ketidakmampuan sel menyerap gula dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena sel-sel dalam tubuh tidak peka terhadap insulin atau resistensi terhadap insulin.
Penyerapan gula terjadi karena adanya AMP (activated protein kinase). Rasa pahit pada pare mampu mengaktifkan enzim kinase tersebut sehingga meningkatkan penyerapan gula. Hal ini kemudian dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Baca juga:  Begini, Kondisi Tubuh Jika Berhenti Merokok

2. Menangani sembelit

Konsumsi pare sangat baik bagi pencernaan karena mengandung banyak serat. Dengan mengonsumsi pare, tubuh mampu mengeluarkan limbah yang pada akhirnya dapat menangani masalah sembelit.

3. Menjaga kesehatan jantung

Pare juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan di dalamnya membantu mengurangi kadar kolesterol “jahat” yang menyumbat dinding arteri. Tentunya, hal ini akan mengurangi kemungkinan Anda terkena serangan jantung.

4. Mengontrol berat badan

Pare mengandung antioksidan yang membantu memperlancar sistem pencernaan Anda. Ketika metabolisme dan sistem pencernaan meningkat, penurunan berat badan pun akan menjadi lebih mudah serta cepat.

5. Membersihkan darah

Sifat antimikroba dan antioksidan pada pare dipercaya mampu mengatasi masalah kulit, kelainan darah, dan mengeluarkan racun dari tubuh. Beberapa masalah kulit yang dapat disembuhkan, antara lain ruam, jerawat, psoriasis, dan bisul.

Tak tahan dengan rasa pahit pada pare? Memang sebaiknya pare disajikan dengan dengan bumbu atau makanan lainnya agar tak terlalu terasa pahit. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.