NEGARA, BALIPOST.com – Upaya menggagalkan aksi perampokan di Toko SWT oleh tiga prajurit dari Batalyon Mekanis 741 Garuda Nusantara berbuah penghargaan. Tiga anggota jaga yakni Sersan Hengky, Sersan Zulkifli dan Prada Arif Rahman Wahid, diganjar piagam penghargaan dan sejumlah uang dari Komandan Yonif Mekanis 741 Garuda Nusantara Letkol Inf. Rudy Markiano Simangunsong, Selasa (6/2).

Tindakan para prajurit ini mendapatkan apresiasi lantaran peka terhadap kondisi keamanan sekitar markas batalyon. Lokasi minimarket ini tepat di seberang Markas Yonif Mekanis 741/GN.

Letkol Rudy mengapresiasi tindakan tiga prajuritnya dengan piagam dan uang sebagai bentuk penghargaan yang tidak seberapa. Yang penting, agar tindakan ini dicontoh oleh prajurit- prajurit lain di Yonif Mekanis.

Hal itulah yang mendasari penyerahan penghargaan itu dilakukan di depan ratusan prajurit di lingkungan batalyon itu. Tindakan ini menurutnya tidak hanya berlaku pada tentara saja, melainkan juga siapapun yang sama dan perlu ditunjukkan pada orang lain.

Baca juga:  Menkop UKM Beri Penghargaan Koperasi Berprestasi dan Bakti Koperasi 2017

Ini merupakan contoh yang baik. Sehingga, keberadaan Yonif juga dirasakan manfaatnya bagi lingkungan sekitar. “Perbuatan kecil itu bisa dikerjakan pada saat tepat dan tidak bisa diskenariokan. Kalau tidak merasa bertanggungjawab pada lingkungan, tidak mungkin membantu masyarakat,” terangnya.

Rudy juga menjelaskan fungsi satuan pemukul ini di Jembrana. Tugas yang dilakukan diantaranya berlatih tidak ada kaitan langsung dengan masyarakat. Tetapi meski tidak berkaitan dengan tugas pokok, interaksi dengan masyarakat dampaknya terasa. ”Saya punya kekuatan 700 orang prajurit. Bisa untuk membantu,” tegasnya.

Ketiga prajurit Yonif  Mekanis 741 Garuda Nusantara ini pada Senin (5/2) dinihari berhasil menggagalkan pelarian perampok di minimarket dekat markas. Pelaku dibekuk petugas saat bersembunyi di semak-semak lantas diserahkan ke Polsek Kota Negara. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.