Lokasi di sekitar batu besar yang ditemukan di hutan Desawana mulai ditata. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah warga di Kelurahan Pendem beberapa waktu lalu menemukan sebuah batu besar menyerupai lingga di pinggiran hutan Dewasana. Pihak Desa Adat Kerta Jaya, Kelurahan Pendem mengaku telah melaporkan hal tersebut kepada pihak berwenang.

Kini di sekitar batu-batu tersebut sudah ditata. Bendesa Kerta Jaya Kelurahan Pendem Wayan Diandra Selasa (23/1) mengatakan selain batu besar yang berbentuk lingga juga ditemukan batu bulat yang terbelah pada bagian tengah. Warga menduga batu ini dulunya merupakan tempat penyimpanan barang berharga.

Tetapi untuk kepastiannya, memang belum ada penelitian resmi. Batu bulat berdiameter sekitar 1 meter ini dipercaya warga menjadi tempat penyimpanan barang-barang berharga pada zaman dulu. Sebab, lokasi tempat penemuan batu itu satu jalur dengan Desa Berambang. Di sekitar lokasi Desa Berambang juga pernah ditemukan benda-benda seperti batu dan guci.

Baca juga:  Diminta Segera Realisasi, Penataan Pantai Candidasa-Buitan

Untuk memastikan batu-batu tersebut apakah memang bersejarah, pihaknya telah bersurat ke Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. Pihaknya berharap ada penelitian guna memastikan apakah benar batu tersebut memang memiliki fungsi tertentu pada masa itu. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.