Tiga atlet peraih medali bertemu Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. (BP/ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Tiga siswa peraih medali bidang olahraga renang tingkat nasional menemui Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta diruang kerjanya, Senin (22/1). Yakni, Luh Putu Satya Putri (15) dan Nyoman Septiani Candra Dewi (14) dari SMPN 1 Semarapura serta Komang Anggi Marselina (14) SMPN 1 Banjarangkan.

Kadisdik Dewa Gde Darmawan yang turut mendampingi memaparkan Luh Putu Satya Putri berhasil meraih 1 medali emas kategori 50 meter untuk gaya punggung, 1 perak 100 meter gaya punggung dan 1 perunggu 200 meter gaya ganti pada ajang Indonesia Open di Jakarta, 10 sampai 16 Desember 2017. Pada kejuaraan Piala Walikota Yogyakarta Oktober tahun lalu, ia juga berhasil menyabet 4 emas dan 1 perunggu.

Sedangkan di Kota Palembang pada ajang Kejurnas Open yang berlangsung Mei 2017, meraih 1 perak untuk gaya punggung 50 meter. Segudang prestasinya itu mengantarkannya pada Maret 2018 menjadi salah satu wakil Indonesia untuk bertanding ke Singapura.

Nyoman Septiani Candra Dewi dan Komang Anggi Marselina berhasil juga turut unjuk gigi di Kejuaraan Renang Antar Sekolah (KRAS) yang diselenggarakan FIK Universitas Negeri Yogyakarta. Candra Dewi meraih 2 medali perunggu masing-masing dicabang 50 meter gaya punggung dan 100 meter gaya kupu-kupu.

Anggi Marselina meraih 3 emas dari gaya dada 50 meter, 100 meter, dan 200 meter serta 1 medali perak untuk gaya bebas 50 meter. Sejalan dengan prestasi gemilang itu, Pemkab akan memberikan perhatian lewat dukungan dan pembinaan. Ketiga siswa tersebut tergabung dalam klub renang Takahide Swimming Center dan berlatih di kolam renang Srinadi, Desa Gelgel yang sudah bertaraf nasional. Menghadapi setiap kejuaraan, mereka mengaku telah mempersiapkan fisik secara maksimal.

Baca juga:  Distribusi Gas Metan Bermasalah, Titik Penangkapan Dipindah

Bupati Suwirta menegaskan selain renang, cabor lain juga harus bangkit. Dirinya menyakini Klungkung sebenarnya memiliki banyak bibit atlet potensial seperti para siswi ini. Hal tersebut harus dikembangkan sehingga mampu melahirkan prestasi gemilang. “Perlu kejelian dan pembinaan yang tepat dari guru olahraga masing masing sekolah. Maka siswa akan dapat atlet berprestasi,” tegasnya.

Bupati asal Nusa Ceningan ini berkomitmen akan terus mendukung pembinaan para bibit atlet melalui KONI dengan menggelar berbagai kejuaraan. “Masing masing cabor harus menentukan target apa yang ingin dicapai dan event apa yg ingin diikuti atau digelar, dengan begitu akan muncul bibit atlet dengan kemampuan yang terukur,” ujarnya. Pada tatap muka tersebut, para siswa turut didampingi Kepala SMPN 1 Semarapura Nyoman Kariawan dan SMPN 1 Banjarangkan, Nengah Suradnya. (adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.