sekolah
Hujan yang mengguyur Kabupaten Badung membuat air meluap hingga menggenangi TK Kumara Santi, Senin (22/1). (BP/ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Selain merendam rumah dan jalan, hujan yang mengguyur Kabupaten Badung beberapa hari terakhir juga merendam sebuah sekolah Taman Kanak-kanak (TK) di Jimbaran, Senin (22/1).

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung, dr. Ni Nyoman Ermy Setiari, Senin (22/1), pihaknya langsung menerjunkan tim untuk menangani genangan air. “Kami telah terjun ke lokasi sesaat setelah mendapat laporan. Air menggenangi halaman sekolah, tempat siswa biasanya bermain, dan diminta menyedot air keluar agar anak-anak busa bermain,” ujar Ermy Setiari, seizin Kepala Pelaksana BPBD Badung, I Nyoman Wijaya.

Menurutnya, puluhan siswa TK Kumara Santi itu terpaksa di evakuasi lantaran air yang menggenang tidak kunjung surut. Hal ini dikarenakan posisi halaman TK memang lebih rendah dari permukaan jalan raya. “Ukuran selokan air juga tidak memadai, ditambah tersumbat. Akibatnya, air sempat menggenang di jalan raya dan masuk ke halaman sekolah,” katanya.

Baca juga:  Angkutan Laut Banyuwangi-Jimbaran Dibuka Lagi

Dikatakan, pihaknya dibantu perangkat desa setempat telah melakukan gorong-gorong untuk membersihkan selokan yang tersumbat, air menggenang di jalan hingga masuk ke halaman sekolah. Namun, air masih tetap menggenang, karena air tidak bisa dibuang di dekat lokasi.

“Kami telah berusaha menyedot air dengan mesin genset pompa air. Mestinya memang pakai mobil tangki dan dibuang jauh,” katanya.

Ermy Setiari mengakui, kejadian tersebut bukan kali pertama, namun pihaknya baru pertama kali melakukan penanganan. “Sudah terjadi sebelumnya. Hanya saja, warga mengandalkan mobil tangki dari DLHK. Yang sekarang (kemarin –red) kami yang diminta bantuan,” ujarnya.

Untuk sementara, proses belajar mengajar dipindahkan ke gedung SMA terdekat. Sementara, tahun ini akan dilakukan perbaikan gorong-gorong di sekitar lokasi. (parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.