TABANAN, BALIPOST.com – Musim hujan disertai angin menyebabkan banyak terjadi pohon tumbang. Tidak hanya itu pohon tumbang juga kerap merusak fasilitas umum seperti Pura ataupun rumah penduduk.

Menghindari hal ini, TNI yang dipimpin Danramil Penebel Kapten Inf T. Yudha Wicaksono bersama-sama warga melaksanakan kerja bakti pembersihan dan penebangan pohon di areal Pura Luhur Besi Kalung Desa Babahan Penebel, Sabtu (20/1). Pembersihan semak maupun pohon dan bambu ini juga sekaligus untuk membuka pemandangan ke obyek wisata alam teras sering Subak Kedamaian yg terlihat dari posko Pura Luhur Besi Kalung.

Menurut Kapten Yudha, Pura Luhur Besi Kalung merupakan penyangga obyek wisata WBD Jatiluwih. Pura tersebut juga berkaitan dengan sejarah Catur Angga Batukaru dan berkaitan dengan Sejarah 15 Tempek Subak di kecamatan Penebel.

Sehingga Pura Besi Kalung tidak hanya bisa dikunjungi untuk tujuan spritual tetapi juga bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk tujuan wisata karena pemandangan yang dimilikinya.

Kegiatan ngayah berupa penebangan pohon dan pembersihan diikuti pula oleh Pecalang Pura Luhur Besikalung dan Panitia Pura besikalung yg ada di wilayah Utu Desa Babahan Penebel. Yudha berharap dengan kegiatan
Pura Besi Kalung kelihatan bersih dan panorama Jatiluwih lebih indah dipandang dari pelataran Besikalung. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.