Seorang pekerja sedang memperbaiki jalan berlubang di wilayah Denpasar. (BP/wan)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pemkot Denpasar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar terus mendorong pembangunan infrastruktur, utamanya akses jalan. Walaupun kas daerah yang jumlahnya terbatas, upaya untuk meningkatkan kualitas jalan terus dimaksimalkan.

Salah satu upayanya melalui pembangunan dan peningkatan jalan swadaya dari masyarakat. Sekretaris Dinas PUPR Kota Denpasar, Made Widiasa didampingi Kabid Jasa Konstruksi dan Bina Program, I Gede Made Bhaju Pravita, Kamis (18/1) menjelaskan kemampuan kas daerah Kota Denpasar sangat terbatas.

Hal ini lantaran terdapat berbagai sektor seperti halnya pendididikan dan kesehatan yang wajib dianggarkan dan diatur dalam peraturan perundang-undangan. “Sehingga, untuk mempercepat pembangunan DPUPR Kota Denpasar mendorong partisipasi masyarakat, salah satunya adalah dengan melakukan peningkatan secara swadaya,” kata Widiasa.

Dikatakan Widiasa, pola pembangunan dan peningkatan jalan secara swadaya merupakan salah satu inovasi guna mempercepat pembangunan dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Adapun konsep ini telah dilaksanakan sejak 2012.

Baca juga:  Di Karangasem, Ratusan Lansia Masih Terlantar

Hanya saja ketika itu cakupanya hanya sebatas aspal saja. Sedangkan mulai 2016 hingga saat ini peningkatan jalan dianggarkan untuk dua jenis yakni aspal dan paving. “Pola ini ternyata mendapat dukungan masyarakat Kota Denpasar, dan dinilai produktif dalam mempercepat penyediaan akses jalan yang baik serta meningkatkan pasrtisipasi masyarakat, jadi masyarakat yang mau jalanya cepat diaspal dan dipaving biasanya akan memilih mengajukan permohonan paving swadaya,” ujarnya.

Berdasarkan data DPUPR, pada 2017 lalu terdapat total 32 ruas jalan dan gang dengan panjang 11.108 meter yang berhasil dirampungkan di seluruh kecamatan yang berada di Kota Denpasar. Dari jumlah tersebut 4.487 meter merupakan aspal swadaya dan 6.690 merupakan paving swadaya. Sedangkan untuk 2018 DPUPR Kota Denpasar menargetkan realisasi 4.373 meter jalan swadaya yang terdiri atas 1.248 jalan aspal dan 3.125 jalan paving. (Asmara Putera/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.