DENPASAR, BALIPOST.com – Guna mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2018, Polda Bali berserta jajaran instensif melakukan latihan atau simulasi keamanan TPS. Dari latihan simulasi yang dilaksanakan masing-masing polres, Kamis (18/1) digelar lomba di Lapangan Monumen Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur.

Lomba tersebut dibuka Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gede Alit Widana. Selain itu juga disaksikan Ketua KPU Bali dan kabupaten. Adapun tema yang diusung yaitu dimulasi fungsi teknis kepolisian guna meningkatkan profesionalisme anggota Polda Bali dalam rangka mendukung pengamanan pemilihan Gubernur Bali 2018.

“Pada hari ini kami jajaran Polda Bali melaksanakan rangkaian fungsi teknis kepolisian yaitu simulasi pengamanan di TPS. Adapun maksud dan tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada seluruh petugas jajaran Polda Bali dengan memunculkan berbagai kemungkinan-kemungkinan persoalan yang terjadi di TPS,” ujarnya.

Menurut Wakapolda, dari simulasi bisa dilihat pelaksanaannya sudah berlangsung bagaimana personel masing-masing polres menunjukkan kesigapannya mengamankan TPS.
Mantan Kapolresta Denpasar ini mengungkapkan dalam latihan tersebut pihaknya memberikan penekanan untuk mengantisipasi situasi terburuk. “Semoga nanti dalam pelaksanannya aman, tertib dan terkendali,” tegasnya.

Baca juga:  Apel Hari Bhayangkara ke-72, Ini Disampaikan Kapolda Bali

Adapun materi yang dilombakan adalah pengamanan TPS dengan berbagai persoalan yang muncul, mulai situasi aman sampai situasi merah (rawan).
“Harapan kami, latihan ini dijadikan standar cara bertindak seluruh personel Polda Bali dalam rangka mengamankan TPS seluruh Bali,” ungkap jenderal bintang satu asal Tabanan ini.

Wilayah paling rawan? “Seluruh kabupaten memiliki karekteristik tersendiri dan sudah dipetakan masing-masing kapolres beserta cara antisipasinya,” tandasnya.

Wakapolda mengimbau kepada seluruh masyarakat bersama-sama menjaga keamanan bersama anggota Polri. Polisi bersama aparat terkait siap membantu masyarakat untuk melaksanakan tahapan demi tahapan perhelatan pesta demokrasi tahun 2018 agar berlangsung aman dan kodusif. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.