Ketut Suparta Wijaya. (BP/dok)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Setelah merampungkan perbaikan jalan dengan aspal hotmix, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Buleleng kembali mangalokasikan anggaran untuk biaya pemeliharaan rutin ruas jaan kabupaten. Dalam APBD Induk 2018 ini, PUPR menyiapkan anggaran pemeliharaan jalan kabupaten mencapai Rp 2 miliar.

Perbaikan ini untuk penambalan jalan yang berlubang hingga perbaikan saluran di pinggir jalan dan perbaikan berskala ringan lainnya. Kepala Dinas PUPR Buleleng Ketut Suparta Wijaya, Rabu (17/1) mengatakan, jalan kabupaten yang sudah tuntas di aspal hotmix belum menjamin akan tetap mulus alias tanpa kerusakan. Apalagi, ruas jalan yang tergolong ramai, maka ancaman akan terjadi kerusakan daam kurun waktu tertentu pasti akan terjadi.

Untuk memecahkan persoalan itu, PUPR mengaloaksikan anggaran pemeliharaan yang mencukupi. Dengan demikian, kerusakan jalan yang terjadi dapat ditangani dengan segara dan tidak sampai menimbulkan keluhan berkepanjangan di kalangan warga. “Kita sadari bahwa jalan yang digunakan terus menerus pasti akan mengalami kerusakan. Kita tidak ingin kalau kerusakan yang terjadi ada kesan dibiarkan, maka dengan anggaran pemeliharaan rutin untuk jalan kabupaten yang sudah kita aspal hotmik itu bisa ditangani dengan segera,” katanya.

Baca juga:  Hujan Deras, TK dan Ruas Jalan Terendam Air

Sementara untuk melakukan perbaikan kerusakan yang berskala besar dan membutuhkan waktu dan prosedur yang cukup panjang, PUPR akan menempuh cara dengan menyiapkan anggaran untuk penanganan “tambal sulam” jalan. Upaya ini sebagai komitmen pemerintah daerah memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mengeluhkan kerusakan jalan di daerahnya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.