Bambang Soesatyo (kanan) bersama Oesman Sapta Odang pada acara pelantikan DPP Pemuda Pancasila. (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mengakui sudah mendapat kabar dari pihak kesekjenan DPR jika Partai Golkar sudah menyodorkan nama calon Ketua DPR pengganti Setya Novanto yakni Bambang Soesatyo. “Kami sudah mendapatkan pemberitahuan secara lisan bahwa pada hari ini partai Golkar atau sejak tadi malam Golkar sudah menyelesaikan seluruh administrasi internalnya untuk kemudian mengajukan dan menyepakati satu nama yakni Bambang Soesatyo sebagai calon Ketua DPR,” kata Fahri Hamzah di Jakarta, Senin (15/1).

Fahri menuturkan, munculnya nama Bamsoet sapaan Bambang Soesatyo adalah hasil dari rapat Fraksi Golkar yang dilakukan pada Minggu (14/1) malam dipimpin oleh Ketua umum Golkar, Airlangga Hartanto. Hal ini sudah sesuai dengan janji partai berlambang pohon beringin untuk menyodorkan nama calon Ketua DPR pada saat rapat Banmus sebelum masa reses. “Dan sebagaimana kita ketahui, juga merupakan hasil rapat Banmus sebelum masa reses lalu. Fraksi partai Golkar dalam rapat itu mengharapkan pergantian Ketua DPR dilakukan setelah reses dan sekarang sudah ke luar nama yakni Bambang Soesatyo (Bamsoet),” ujar politikus PKS.

Baca juga:  Darurat Penanganan Pengungsi Gunung Agung Diperpanjang Lagi hingga 9 November

Fahri menjelaskan, setelah ditunjuknya Ketua Komisi III DPR ini untuk menjadi Ketua DPR, maka Pimpinan DPR akan segera menggelar rapat pimpinan (Rapim) untuk membahas surat masuk pencalonan Ketua DPR. Dan setelah rapim, pimpinan akan mengundang Banmus diwakili masing-masing fraksi untuk menyelenggarakan paripurna pelantikan Ketua DPR.

Lebih lanjut, Fahri mengatakan, DPR melalui kesekjenan sudah berkoordinasi dengan Mahkamah Agung (MA). Dan mudah-mudahan Ketua MA bisa hadir untuk melantik Ketua DPR yang baru. “Dan setelah itu kita akan akhiri dengan semacam ramah tamah kecil menyambut Ketua DPR baru ini,” terangnya.

Namun demikian, secara administrasi keseluruhan seperti surat Partai Golkar sudah sangat clear dan tidak ada lagi unsur perbedaan yang sebelumnya pernah terjadi. Sehingga mudah-mudahan akan berjalan lancar dan mulus pada hari ini.
“Mudah-mudahan sebelum Zuhur, atau sebelum siang nanti kita sudah mempunyai Ketua DPR yang baru,” tandas Fahri. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.