Deklarasi
Mobil hias yang rencananya digunakan untuk deklarasi KBS-Ace dan Aman. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Deklarasi paket KBS-Ace sebagai calon Gubernur Wakil Gubernur Bali dan Paket Aman sebagai calon Bupati Wakil Bupati Gianyar dari Partai PDIP akan dilaksanakan, Senin (8/1). Puluhan ribu seniman Gianyar dipastikan akan menyesaki setiap ruas kota Gianyar.

Calon Bupati Gianyar, Agus Mahayastra mengungkapkan, berdasarkan pendataan total ada sekitar 50 ribu seniman yang terlibat hari ini. Konsentrasi massa ini pun, akan mulai sejak Senin pagi terutama di 7 kecamatan se – Gianyar. Akan ada pergerakan sekitar 300 sekaha Balaganjur dari 300 Banjar yang masuk dalam 272 Desa Pakraman di Gianyar. Mereka diangkut menggunakam truk. “Jalanan sudah pasti akan macet. Maka itu sedini mungkin kami sudah melakukan perhitungan secara teknis dengan kepolisian,” jelasnya.

Membantu pengaturan posisi Balaganjur ini, pihaknya pun sudah mengerahkan sejumlah pemuda untuk memasang bendera dan nomor urut. Diharapkan dengan pengaturan ini massa tidak hanya akan terpusat di lapangan saja melainkan tersebar. Dikatakan mereka akan diposisikan menyebar, seperti balaganjur akan berjejer di sepanjang jalan. “Salah satunya ini, akan ditabuh secara bersahutan ketika pak Koster memasuki acara,” jelasnya.

Selain melibatkan 300 Baleganjur, juga akan melibatkan 13 sanggar atau kelompok kesenian di Gianyar. Sebut saja diantaranya Sanggar Paripurna Bona dan Sampik Batuan. “Akan ada sejumlah pagelaran massal. Masyarakat bisa hadir untuk menyaksikan,” undangnya.

Kemeriahan lain yang akan memanjakan masyarakat yakni kehadiran 2 mobil hias berupa Barong Buruan dan Mobil Hias dari Desa Pering, Blahbatuh. Tak kalah menarik, masyarakat akan dihibur oleh 3 seniman musik asli Gianyar yakni Ray Peni, AA Raka Sidan dan Band Masekepung.

Diyakini Mahayastra, keberhasilan pengerahan ribuan massa ini akan menjadi salah satu indikator kemenangan paket Aman di Pilkada Gianyar.

Baca juga:  Kerawanan Pilgub Cukup Tinggi, Ini Hasil Pemetaan Bawaslu Bali

Melalui kegiatan ini dipastikan ruas jalan utama mulai trafic light sebelah barat Polres Gianyar hingga trafic light Lapangan Astina akan ditutup. Penutupan ini dilakukan untuk pengamanan kegiatan yang berpusat di Lapangan Astina Raya Gianyar. “Selain seniman sepanjang jalan utama Gianyar pastinya juga akan disesaki simpatisan PDIP,“ katanya.

Sebagai gantinya, akan ada sejumlah pengalihan arus. Masyarakat pengguna jalan pun diminta untuk menggunakan jalur alternatif yang sudah disiapkan aparat kepolisian. “Kami sadari besok itu hari efektif kerja. Maka itu kami mohon permaklumannya, agar mencari jalur alternatif,” ungkapnya.

Agus Mahayastra sendiri menyadari jalur utama depan kantor Bupati Gianyar merupakan jalur vital dan area publik. Salah satunya meliputi pelayanan mengurus SIM, Kantor Kejaksaan hingga pelayanan di RSUD Sanjiwani Gianyar.

“Jalur ke rumah sakit, karena itu sifatnya emergensi, diperhitungkan secara khusus. Sedangkan untuk kegiatan lainya akan diundur. Begitu pula untuk pelayanan SIM, kami sudah mohon agar diumumkan supaya masyarakat urus SIM setelah deklarasi atau manfaatkan SIM keliling,” terangnya.

Disinggung terkait kendala cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari terkahir, Mahayastra mengaku sudah melakukan upaya skala niskala. “Kami siapkan 2 laser dan doa secara niskala. Mohon doa restu agar besok cerah,” harapnya.

Sementara terkait pendaftaran paket Aman ke KPU Gianyar akan dilangsungkan Senin pagi sekitar pukul 10.00 wita. Dikatakan pendaftaran ini dikonsep secara sederhana. “Kami mendaftar akan didampingi oleh ibu-ibu kurang lebih jumlahnya sampai 2 ribuan orang. Wanita kan melambangkan kesejukan, jadi astungkara suasana pendaftaran kami berlangsung sejuk dan aman,” jelasnya. (manik astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.