Jus Wheatgrass. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Wheatgrass menjadi tren kesehatan saat ini. Ada beberapa alasan untuk mengkonsumsi wheatgrass atau rumput gandum, yang utama adalah sumber klorofil yang luar biasa.

Klorofil adalah pigmen pada tanaman yang mengandung magnesium. Jus yang berasal dari wheatgrass atau rumput gandum sangat mengandung vitamin dan nutrisi, selain itu juga jusnya segar. Hal ini dinilai sebagai salah satu jus terbaik untuk dikonsumsi bagi siapa saja.

Rumput gandum adalah tanaman gandum yang baru tumbuh, dan setelah rumput mencapai sekitar tujuh atau delapan hari, akan dipanen untuk dibuat jus. Jus harus diminum untuk memastikan bahwa tubuh Anda menerima kandungan gizinya. Klorofil mengandung kadar oksigen tinggi dan bertanggung jawab untuk menjaga agar tanaman tidak beroksigen.

Bagi banyak orang, jus wheatgrass dipandang memiliki kekuatan peremajaan, yang disebut plasma masa muda dan juga darah kehidupan tanaman. Karenanya sangat bermanfaat bagi manusia.

Berikut 5 manfaatnya untuk tubuh, dikutip dari berbagai sumber :

1. Mengatasi Penyakit Kulit

Rumput gandum dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Cara pertama, masukkan jus rumput gandum dalam alat pencetak es di freezer lemari es Anda. Setelah membeku, ambil es wheatgrass itu di kulit Anda yang menderita penyakit atau memiliki bekas luka.

Cara kedua, masukkan satu gelas jus rumput gandum atau bubuk rumput gandum dalam air hangat. Gunakan air hangat bercampur jus rumput gandum itu untuk mandi. Anda bisa memasukkan jus rumput gandum ke bak mandi dan gosok badan Anda di dalam bak mandi itu selama sedikitnya 30 menit. Tubuh Anda pun akan bersih dan bebas bau.

Baca juga:  Makan Apel Setiap Hari, Ini 10 Manfaatnya

2. Mengurangi Berat Badan

Jika Anda harus menurunkan berat badan beberapa kilogram, rumput gandum mungkin jadi jawaban. Anda perlu meminum jus rumput gandum setiap hari atau mengonsumsi suplemen rumput gandum.

Wheatgrass efektif mengatur kelenjar tiroid yang fungsinya penting untuk menghindari penambahan berat.

3. Mengurangi Nafsu Makan

Rumput gandum memiliki sangat banyak nutrisi sehingga tubuh Anda tidak menginginkan makanan lain untuk mengisi kekurangan vitamin atau mineral. Ini sejalan dengan kemampuan wheatgrass membantu Anda mengurangi berat badan.

4. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Wheatgrass termasyur dengan kemampuannya meningkatkan sel darah merah di tubuh. Karena itulah rumput gandum sangat efektif untuk menangkal penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Mereka yang sedang sakit sangat dianjurkan mengonsumsi jus rumput gandum.

5. Detoksifikasi Sel-sel Tubuh

Jika Anda pikir minum jus biasa merupakan puncak detoksifikasi, Anda salah besar. Rumput gandum mungkin terlihat sederhana, tapi sebenarnya merupakan salah satu agen detoksifikasi paling ampuh secara alami karena tingginya alkalinitas (basa). Hanya dengan satu ons wheatgrass sudah setara dengan nilai nutrisi dalam satu kilogram sayuran hijau lainnya. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.