Bupati Suwirta usai melakukan rapat koordinasi dengan akademisi. (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Guna mengoptimalkan pelaksanaan visi-misi Kabupaten Klungkung menuju unggul dan sejahtera, Pemkab mengajak para akademisi yang mengajar di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta untuk turut berpartisipasi. Usulan perencanaan pembangunan sangat diharapkan bisa bermunculan. Hal ini langsung disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta pada rapat koordinasi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Praja Mandala, Rabu (27/12).

Bupati Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra menyatakan kehadiran para akademisi dengam berbagai disiplin ilmu itu menunjukan bahwa ada keinginan yang sama untuk mempercepat pembangunan dari berbagai bidang untuk menuju Klungkung yang lebih baik. Pada kesempatan itu, juga dipaparkan program-program yang sudah dilaksanakan selama empat tahun bersama Wakil Bupati I Made Kasta, serta hasil yang sudah diperoleh.

Bupati yang kaya dengan inovasi ini menambahkan pelaksanaan rapat koordinasi ini untuk memberikan ruang para akademisi menyampaikan gagasan, ide maupun masukan dan ikut berpartisipasi untuk mendukung kedepan. “Kami mengundang bapak dan ibu para akademisi untuk duduk bersama, memberikan masukan untuk bersama – sama membangun Klungkung kedepan,” ungkapnya.

Baca juga:  Gunung Agung Siaga, Klungkung Siapkan Dua Lokasi Pengungsian

Para akademisi pun mengapresiasi langkah pemkab yang sudah mengundang. Hal tersebut salah satunya diutarakan Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ngakan Suardana. “Saya apresiasi sekali langkah Bupati Klungkung yang sudah mengundang kami. Memberikan wadah partisipatif untuk memberikan masukan pembangunan kedepan,” katanya.

Lebih lajut dirinya juga menyambut positif inovasi-inovasi yang diambil Pemkab, seperti smart city dan pengolahan sampah yang menghasilkan energi terbarukan atau Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). Tidak hanya itu, dirinya juga berharap kedepan akademisi bisa dilibatkan untuk mengembangkan teknologi yang menghasilkan energi terbarukan. “Kami punya 335 dosen dari semua program study fakultas teknik, manfaatkan itu dan kami siap mendukung,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan I Wayan subrata, Dosen Universitas Hindu Indonesia (UNHI). Dirinya mengacungi jempol atas pelaksanaan program-program yang sudah dicetuskan Bupati Suwirta. Salah satunya penguatan dan peningkatan eksistensi adat budaya bali melalui event, seperti festival Nusa Penida dan Semarapura Festival. “Event Festival Nusa Penida dan Semarapura itu luar biasa. Saya apresiasi sekali. Itu bisa jadi daya tarik pariwisata,” ujarnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.