DENPASAR, BALIPOST.com – Tepat pada Rabu (27/12), peringatan kelahiran Nike Ardilla masih digelar para penggemarnya. Untuk peringatan acara biasa dilakukan kumpul sesama fans Nike Ardilla di Bandung pada 23 hingga 24 December. Sedangkan pada Rabu ini diadakan doa tahlilan di Museum Nike Ardilla.

Meski sudah lama meninggal, namun penyanyi ini masih dikenang dan banyak meninggalkan warisan terhadap kebudayaan popular Indonesia. Berikut peninggalan Nike Ardilla, dikutip dari berbagai sumber :

1. Nike Ardilla dikenal sebagai icon kecantikan Indonesia dan trendsetter banyak trend dari fashion sampai gaya rambut yang masih trend sampai sekarang. Contoh ketika Dian Sastro memotong rambut semua langsung heboh mengidentikkan dengan gaya rambut Nike Ardilla. Gaya busana sampai kalung choker menjadi trend penyanyi berbakat ini.

2. Semenjak kepergiannya banyak sekali acara tribute, baik berupa pertunjukan musik di tv, atau konser tersendiri off air dan juga banyak seperti film dan sinetron yang menyebut namanya.

3. Lagu Nike Ardilla sering di daur ulang, baik oleh musisi ternama maupun band band indie, bahkan sampai melintasi genre music dari pop, punk, sampai dangdut. Terakhir ada Baby Niken yang cover lagu “Tinggalah Aku Sendiri.

4. Perangko Nike Ardilla beredar di Rusia pada 1996.

5. Perangko, Sampul Peringatan, Amplop, Kartu Pos Nike Ardilla yang diterbitkan PT Pos Indonesia pada 1996 dan Nike Ardilla adalah artis pertama yang mendapat penghormatan tersebut. Setelah itu di 2017 ada Agnes Monica.

Perangko Nike Ardilla. (BP/ist)

6. Resto Nike Ardilla di Makassar, Sulawesi Selatan dan Poliwali Mandar, Sulawesi Barat. Nike bukan hanya milik warga Jawa Barat akan tetapi di idolakan seluruh Indonesia, sampai ada resto di dua tempat di Sulawesi yang didirikan sebagai bukti kecintaan dalam melestarikan nama Nike Ardilla oleh fans bernama Muhammad Takdir. Semua menu makanan dan minuman diberi nama dari judul lagu, film dan sinetron Nike Ardilla. Resto ini sudah berdiri sejak 1997 atas restu dari almarhum ayah Nike Ardilla, Eddy Kusnadi.

Baca juga:  Galuh Bilen Tekuni Usaha Salon

7. Ada Jalan dengan nama Jalan Nike Ardilla dipersembahkan sebagai penghormatan di daerah Pondok Labu, Jakarta selatan.

8. Kisah kehidupannya ditulis dalam buku yang bisa menjadi referensi bacaan tentang biografinya.

9. Pada 2000, PT Telkom Indonesia mengeluarkan Kartu Telephone Edisi Nike Ardilla.

10. Terdapat mural bergambar Nike Ardilla disejajarkan dengan tokoh dunia lainnya seperti Kurt Cobain dan Jimi Hendrix di Jalan Gatot Subroto, Solo, jawa Tengah persembahan seniman Solo sebagai kekaguman terhadap prestasi penyanyi ini.

Mural Nike Ardilla dan Kurt Cobain. (BP/ist)

11. Museum Nike Ardilla merupakan museum satu-satunya artis di tanah air, ini juga menandakan kalau Museum Nike Ardilla adalah museum pertama yang ada di Indonesia sebagai peninggalan sejarah era pop culture.

12. Makam Nike Ardilla menjadi obyek resmi wisata ziarah di Kabupaten Ciamis. Banyak orang berziarah setiap harinya di makam Nike.

13. Hall of fame Nike Ardilla di Gedung Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Barat. Merupakan penghargaan dari pemerintah Jawa Barat karena yang ada di hall of fame tersebut dimulai dari tokoh pahlawan seperti Raden Dewi Sartika hingga Nike Ardilla.

14. Walau sudah meninggal tapi nama Nike Ardilla masih menjadi brand ternama. Parfum Nike Ardilla dirilis pada November 2017. Setiap keuntungan dari parfum itu akan disumbangkan untuk Yayasan Nike Ardilla, seperti membantu SLB Nike Ardilla. Bisa dipesan di museum atau melalui akun instagram @nikeardillaofficial.

Parfum Nike Ardilla yang keuntungan penjualannya akan disumbangkan untuk Yayasan Nike Ardilla. (BP/ist)

15. Dan atas kreativitas fans juga, ada komik Nike Ardilla yang rilis Rabu, 27 Desember 2017 di museum. Komik menceritakan tentang ilustrasi fans yang kangen terhadap idola nya yaitu Nike Ardilla sehingga berangan-angan punya mesin waktu untuk mengembalikan idolanya. Dan ini pun proyek sosial untuk membantu yayasan. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.