LAMONGAN, BALIPOST.com – Sejumlah pohon natal di Gereja Kristen Jawa Wetan di Kabupaten Lamongan terbuat dari limbah plastik, seperti bungkus kopi, snack, dan plastik kresek. Meski dibuat dari bahan yang didaur ulang, pohon natal terlihat elegan karena dihiasi lampu berwarna-warni. Uniknya lagi, pohon natal tersebut dibuat oleh para pemuda, baik umat Hindu maupun Islam.

Perayaan natal di Lamongan tahun ini terasa berbeda dengan adanya beberapa kreasi dalam membuat pohon natal. Salah satunya ada di Gereja Kristen Jawi Wetan di Desa Balun, Kecamatan Turi, Lamongan. Pohon natal terbuat dari limbah rumah tangga.

Baca juga:  Laju Penambahan Kasus Nasional Mulai Menurun

Setidaknya enam dari delapan pohon natal yang menghiasi gereja ini terbuat dari limbah plastik dan kertas. Pohon natal juga dihiasi boneka yang terbuat dari botol plastik minuman anak-anak.

Menurut Ketua Gereja Jawa Wetan, Sutrisno, pohon natal tersebut dibuat oleh pemuda di desanya, baik mereka yang beragama Hindu maupun Islam. Seluruh pohon natal yang dibuat tersebut kemudian dilombakan oleh pihak gereja.

Baca juga:  Hilang Sejak Jumat, Pendaki Ditemukan Tewas di Jalur Puncak Raung

Ia mengatakan lomba pohon dari limbah ini selalu dilakukan pihak gereja setiap tahunnya, terutama di saat perayaan Natal. Pihak gereja sengaja menggelar lomba kreasi pohon natal dari bahan yang tidak lazim, sebagai upaya pemanfaatan limbah sebagai barang yang bernilai. (kmb/surabayatv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *