LAMONGAN, BALIPOST.com – Sejumlah pohon natal di Gereja Kristen Jawa Wetan di Kabupaten Lamongan terbuat dari limbah plastik, seperti bungkus kopi, snack, dan plastik kresek. Meski dibuat dari bahan yang didaur ulang, pohon natal terlihat elegan karena dihiasi lampu berwarna-warni. Uniknya lagi, pohon natal tersebut dibuat oleh para pemuda, baik umat Hindu maupun Islam.

Perayaan natal di Lamongan tahun ini terasa berbeda dengan adanya beberapa kreasi dalam membuat pohon natal. Salah satunya ada di Gereja Kristen Jawi Wetan di Desa Balun, Kecamatan Turi, Lamongan. Pohon natal terbuat dari limbah rumah tangga.

Setidaknya enam dari delapan pohon natal yang menghiasi gereja ini terbuat dari limbah plastik dan kertas. Pohon natal juga dihiasi boneka yang terbuat dari botol plastik minuman anak-anak.

Baca juga:  Jelang Nataru, Polda Musnahkan Ribuan Liter Miras

Menurut Ketua Gereja Jawa Wetan, Sutrisno, pohon natal tersebut dibuat oleh pemuda di desanya, baik mereka yang beragama Hindu maupun Islam. Seluruh pohon natal yang dibuat tersebut kemudian dilombakan oleh pihak gereja.

Ia mengatakan lomba pohon dari limbah ini selalu dilakukan pihak gereja setiap tahunnya, terutama di saat perayaan Natal. Pihak gereja sengaja menggelar lomba kreasi pohon natal dari bahan yang tidak lazim, sebagai upaya pemanfaatan limbah sebagai barang yang bernilai. (kmb/surabayatv)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.