Pradeep Kumar Rawat (kiri) berbincang dengan Mangku Pastika. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Adanya kesamaan antara Uttarakhand di India dengan Bali menyebabkan India mengharap Bali bisa menjadi sister province. Menurut Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Pradeep Kumar Rawat, dua provinsi ini memiliki sejumlah tempat suci agama Hindu.

Uttarakhand juga telah terkenal dengan sebutan Land of the Gods. “Uttarakhand memilki banyak pura Hindu dan juga sebagai pusat ziarah sehingga sangatlah tepat untuk menjadi sister province of Bali yang terkenal dengan Island of Gods,” ujarnya saat  bertemu Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Ruang Kerja Gubernur, Kamis (21/12).

Menurut Pradeep, India dan Bali telah menjalin hubungan persaudaraan yang sangat erat sejak jaman dahulu. Sebab, keduanya memiliki kemiripan dari segi agama dan budaya. Untuk lebih meningkatkan jalinan hubungan ini, pihaknya siap melakukan kerjasama di segala bidang. Baik dalam bidang infrastruktur, pengembangan pelestarian budaya, peningkatan kualitas sumber daya manusia maupun pengembangan pariwisata bagi kedua wilayah.

“Dengan latar belakang yang kita miliki, saya  yakin banyak kerjasama yang bisa kita jalin kedepannya. Saya harap jalinan kerjasama dan persaudaraan kita akan semakin erat,” jelasnya didampingi Konsul Jenderal India Sunil Babu.

Baca juga:  Usai Masa Tugasnya, Pastika Ingin Naik Kapal Pesiar

Pradeep mengaku sangat mengagumi keindahan alam serta budaya Bali yang sangat luar biasa. Hingga saat ini pun, Bali masih menjadi tujuan wisata utama bagi warga negaranya. Ada lebih dari 60% warga India yang memilih Bali sebagai tempat untuk berwisata.

“Kami juga mengapresiasi layanan yang telah diberikan kepada warga kami yang sedang berlibur ke Bali saat terjadi penutupan Bandara Ngurah Rai akibat erupsi Gunung Agung,” imbuh Dubes yang baru pertama kali datang ke Bali ini.

Terkait sister province, Gubernur Bali Made Mangku Pastika memberikan apresiasinya dan menyambut baik rencana jalinan yang akan dibentuk. Dengan banyaknya persamaan yang dimiliki serta latar belakang yang ada, pihaknya optimis jalinan kerjasama akan membawa dampak positif. Baik bagi India maupun Bali.

“India dan Bali punya hubungan yang sangat dekat. Jalinan sister of province  yang akan terbentuk akan semakin mempererat jalinan persaudaran diantara kita, untuk itu saya menyambut baik dan siap untuk berkoordinasi dalam mewujudkannya,” ujarnya. (Rindra Devita/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.