Penggunaan pembayaran nontunai akan diberlakukan juga untuk retribusi dan parkir. (BP/dok)

KUPANG, BALIPOST.com – Pembayaran nontunai seakan menjadi trend. Setelah jalan tol, giliran PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) mendorong gerakan transaksi non tunai (GNT) di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tindakan nyata tersebut dengan memberlakukan GNT saat masuk ke lingkungan Pelabuhan Tenau Kupang.

“Penggunaan kartu uang elektronik di pintu masuk pelabuhan diharapkan dapat mempercepat ketika pembayaran masuk pelabuhan. Kartu ini lebih efisien karena tak perlu menyiapkan uang kembalian serta rekam jejak transaksi bisa termonitor dengan baik,” kata General Manager (GM) Pelindo III Tenau Kupang, I Putu Sukadana, di sela-sela peresmian GNT di kantor Pelindo III Tenau.

Acara peresmian kawasan nontunai di Pelabuhan Tenau Kupang dilakukan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT, Naek Tigor Sinaga, di halaman kantor Pelindo III Cabang Tenau Kupang. “Semoga Pelindo III dapat menjadi pelopor dalam transaksi non tunai yang sesungguhnya. Dengan transaksi non tunai banyak manfaat dan aman untuk dilakukan,” kata Frans Lebu Raya, di Kupang, Selasa (19/12).

Pelabuhan Tenau Kupang adalah pelabuhan kelima yang menggunakan transaksi nontunai. Sebelumnya ada Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Banjarmasin, dan Pelabuhan Benoa Bali yang telah menggunakan transaksi non tunai untuk pintu masuk ke pelabuhan.

Baca juga:  BNI Kembangkan Branchless Banking di Kawasan Borobudur

Ia menjelaskan, kartu tapcash BNI yang diberi nama e-port bisa digunakan untuk pengguna jasa pelabuhan di lingkungan Pelindo III. ”Ini merupakan sinergi antar BUMN yang dapat membantu pengembang bisnis kedua perusahaan. Kami akan menerapkan aturan pembayaran gate dengan menggunakan kartu ini,” tambah Putu.

Selama ini, kata dia, sinergi antar BUMN dengan BNI turut membangun Integrated Payment System di Pelindo III yang merupakan solusi cash management meliputi Billing System, Autocollection, dan E-Port TapCash. Pada kesempatan yang sama, Pemimpin BNI Cabang Kupang, I Gede Wirata,  menambahkan, kartu e-Port bisa diisi ulang melalui ATM BNI berlogo TapCash, Kantor Cabang BNI, BNI SMS Banking, dan Electronic Data Capture (EDC) yang disediakan dilingkungan pelabuhan. “Kerja sama dengan Pelindo III ini merupakan kelanjutan kerja sama yang telah dilakukan dalam Integrated Billing System, yaitu pengelolaan layanan kapal dan layanan bongkar muat barang dengan satu sistem yang terintegrasi,” tutup Putu. (Bambang Wili/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.