Sejumlah wisatawan mengunjungi Tanah Lot pada Selasa (19/12). (BP/ist)
TABANAN, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan terutama mancanegara di Tabanan mulai berangsur normal. Seperti di DTW Tanah Lot yang sempat mengalami penurunan wisatawan hampir 50 persen karena naiknya aktivitas Gunung Agung, saat ini mencatat kenaikan kunjungan dan jumlahnya kembali normal.

Manajer Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, Selasa (19/12) menyebutkan, peningkatan terjadi sejak seminggu terakhir. Kunjungan saat ini sudah kembali ke angka kunjungan normal yaitu 9.000 per harinya.

Sebelumnya jumlah kunjungan sempat hanya mencapai 3.000 hingga 4.000 per hari. Ramainya kunjungan ini, kata Toya Adnyana, didominasi oleh para siswa sekolah yang menggunakan bus dari pulau Jawa.

Peningkatan kunjungan juga dialami DTW Jatiluwih dimana kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mengalami peningkatan seminggu terakhir. Saat ini jumlahnya mencapai 200 orang setiap harinya.

Baca juga:  Persawahan Subak Bolangan Alih Fungsi ke Cengkeh

Manajer DTW Jatiluwih, I Nengah Sutirtayasa mengatakan, wisatawan Asing yang datang ke Jatiluwih kebanyakan berasal dari Eropa. “Saat ini kondisi sudah sedikit membaik untuk kunjungan wisatawan asing. Kalau wisatawan domestik ke Jatiluwih saat ini masih normal, berkisar pada angka 300 orang pada liburan atau weakend,” terangnya.

Ia menambahkan untuk liburan akhir tahun, belum ada peningkatan tajam terkait rencana kunjungan ke Jatiluwih. Hanya saja awal 2018 sudah ada beberapa pesanan dari travel yang berencana berkunjung. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.