Petugas melakukan vaksinasi rabies. (BP/mud)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Sebanyak 5.591 ekor anjing di Buleleng telah mendapat suntikan vaksin anti rabies (VAR). Ribuan ekor anjing milik masyarakat di Bali Utara ini berhasil di-vaksin setelah Dinas Pertanian (Distan) Buleleng menggulirkan vaksinasi susulan.

Program ini tindaklanjut setelah berakhirnya vaksinasi rabies masal yang digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali. Saat vaksiansi rabies masal berakhir, ternyata masih ada anjing di Buleleng yang belum tercover, sehingga dilakukan vaksiansi susulan ini dengan alokasi anggaran APBD Perubahan 2017.

Kepala Distan Nyoman Swatantra didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Wayan Susila, Senin (4/12) mengatakan program vaksinasi susulan ini dilakukan setelah vaksinasi rabies masal berakhir pada Mei 2017 lalu. Selama melakukan vaksinasi susulan ini, Distan mengalokasikan anggaran pada APBD Perubahan 2017 untuk pengadaan 5.700 dosis VAR.
Ribuan dosis vaksin itu kemudian didistribusikan ke masing-masing kecamatan. Setelah berjalan, sampai November 2017 yang lalu tercatat 5.591 ekor anjing di Buleleng telah berhasil divaksin. “Hasil vaksinasi rabies massal yang didanai dari APBD Provinsi Bali kita berhasil memvaksin 74.220 ekor dan ditambah hasil vaksinasi susulan, sehingga total populasi anjing di daerah kita yang sudah tervaksin 81.275 ekor,” katanya. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.