Krisna dan Yudi terpilih jadi Jegeg Bagus Buleleng 2017. (BP/mud)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Buleleng menggulirkan pemilihan Jegeg Bagus Buleleng 2017 di gedung kesenian Gde Manik Singaraja Sabtu (2/12) malam. Dari pemilihan itu, ditetapkan Ida Ayu Krisna Cantika Dewi wakil SMAN 1 Singaraja sebagai Jegeg Buleleng. Sementara, kategori Bagus Buleleng dipilih Agus Yudi Suadnyana utusan dari SLC Singaraja.

Pasangan Krisna dan Yudi ini berkomitmen membantu pemerintah mengembangkan promosi potensi pariwisata Buleleng. Malam pemilihan Jegeg Bagus Buleleng berlangsung seru dan menegangkan. Penonton masing-masing finalis terlihat antusias memberikan dorongan dan semangat untuk setiap peserta Jegeg Bagus Buleleng.

Suasana bertambah riuh ketika pembawa acara mengumumkan penilaian dewan juri yang menobatkan, Ida Ayu Krisna Cantika Dewi asal Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan sebagai Jegeg Buleleng dan Agus Yudi Suadnyana dari Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak sebagai Bagus Buleleng. Disusul, runner up pertama Jegeg Bagus Buleleng diraih Luh Komang Gede Suarini dan Kadek Lintang Garghayana. Sedangkan runner up dua direbut Ketut Oyi Rismayani dan Gede Riko Bayuna.

Sebelum terpilih, peserta menjalani penilaian dan evaluasi dilakukan sejumlah pakar, praktisi dan pelaku pariwisata, seni dan budaya yang diketuai Prof. Dr. Nengah Bawa Atmaja, M.A. bersama enam anggota dewan juri yakni Gede Marayana, Kadek Sonia Piscayanti, I Gusti Ngurah Eka Prasetya, Kadek Wirahyuni, Kadek Andriana Dersen dan I Gede Kurniawan Wisesa.

Baca juga:  Pembayaran Listrik Capai 1 Miliar, Buleleng Ganti PJU dengan LED

Dalam penilaian ini meliputi aspek beauty yang meliputi bakat setiap peserta. Aspek behavior terkait dengan publik speaking dan keterampilan serta aspek brain meliputi esai dan wawasan.

Sementara itu, Sekkab Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka, M.P. di damping Kepala Dispar Ir. Nyoman Sutrisna, M.M mengatakan, Jegeg Bagus terpilih diharapkan membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi wisata Buleleng, baik yang sudah dikenal maupun belum dikenal masyarakat. Partisipasi itu bisa dilakukan melalui program dengan kemasan anak muda, sehingga diyakini dapat meningkatkan kunjungan wisata di Buleleng.

Sambil berjalan, pemerintah akan melakukan pembinaan lanjutan terhadap pemenang dengan mencoba menjamah tempat-tempat yang berpotensi untuk dapat dijadikan lokasi pariwisata di Buleleng. “Kita yakin Jegeg Bagus yang terpilih ini akan membantu peemrintah dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di daerah. Program yang akan disusun dan menyentuh kalangan anak-anak muda saya yakin pengembangan wisata bergerak maju,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.