SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pengungsi Gunung Agung di Kabupaten Klungkung ada yang nekat kembali ke kampung halaman yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III. Mereka beralasan hanya untuk memberi pakan ternak. Namun kembali lagi ke pengungsian sore hari.

Berdasarkan pantauan di GOR Swecapura, Sabtu (2/12) pagi, suasana cukup sepi. Yang terlihat hanya barang-barang bawaan yang sebagian besar terbungkus kardus.

Berbeda dengan sore hingga malam yang cukup ramai. Informasi yang beredar menyatakan sejak pagi hingga siang, pengungsi banyak yang kembali ke kampung halaman. Memberi pakan ternak menjadi salah satu alasan. Parahnya lagi, daerah tujuannya tak hanya KRB I, namun juga III yang jaraknya paling dekat dengan Gunung Agung.

Baca juga:  Ini, Kebijakan OJK Khusus untuk Pelaku Usaha Terdampak Gunung Agung

Kondisi itu dibenarkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung, Putu Widiada. Hanya saja untuk jumlahnya belum diketahui lantaran tidak ada laporan. “Mereka langsung pulang. Tidak ada laporan,” ungkapnya.

Sejatinya, pengungsi itu sudah diminta untuk tetap tinggal di posko. Mereka diperkenankan pulang jika situasi sudah benar-benar kondusif. “Intinya kami sudah memberikan sosialisasi jangan pulang,” tandasnya. (Sosiawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.