Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Diabetes selama ini diketahui ada dua tipe, yakni tipe I dan II. Namun dilansir dari Independent.co.uk, peneliti mengungkapkan diabetes tipe baru, yaitu tipe 3c.

Tipe 1 umumnya menyerang sel produksi insulin sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi rusak. Penyakit ini bermula pada masa kanak-kanak atau remaja dan selalu membutuhkan pengobatan insulin. Sementara tipe 2 muncul ketika pankreas tidak bisa mengikuti kebutuhan insulin dalam tubuh.

Tipe 2 ini kerap berhubungan dengan berat badan atau obesitas dan umumnya dimulai saat usia paruh baya.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kebanyakan kasus diabetes tipe 3c sering didiagnosis sebagai kasus diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi saat pankreas tidak dapat memenuhi kebutuhan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini sering dikaitkan dengan obesitas dan dimulai pada usia paruh baya. Sementara, diabetes tipe 3c disebabkan oleh kerusakan pankreas akibat radang pankreas, tumor pankreas, atau operasi pankreas.

Jenis kerusakan pada pankreas ini tidak hanya mengganggu kemampuan organ untuk menghasilkan insulin tetapi juga mengganggu kemampuan organ untuk menghasilkan protein yang dibutuhkan untuk mencerna makanan, yaitu enzim pencernaan dan hormon lainnya.

Studi kecil di pusat spesialis telah menemukan bahwa kebanyakan orang dengan diabetes tipe 3c membutuhkan insulin dan tidak seperti diabetes jenis lainnya, dia juga membutuhkan enzim pencernaan. Periset dan dokter spesialis baru-baru ini khawatir bahwa diabetes tipe 3c mungkin jauh lebih umum daripada yang diperkirakan sebelumnya dan banyak kasus tidak diidentifikasi dengan benar.

Untuk meneliti lebih lanjut, peneliti melakukan studi populasi skala besar pertama untuk mencoba dan mencari tahu bagaimana diabetes tipe 3c yang umum. “Kami juga melihat seberapa baik orang dengan jenis diabetes ini mengendalikan gula darah mereka. Untuk melakukan ini, kami menganalisis catatan kesehatan dari lebih dari dua juta orang di Inggris,” ucap peneliti.

Baca juga:  Kenali Gejala Gigi Goyang Akibat DM

Catatan yang digunakan sebagai bahan analisis diambil dari Database Penelitian dan Pengawasan Praktisi Rumah Sakit (RCGP RSC). Database ini, terutama digunakan untuk surveilans flu, berisi catatan kesehatan anonim dari orang-orang dari segala usia yang tersebar di Inggris. Kanker pankreas, tumor dan operasi pankreas. Kasus diabetes ini kemungkinan merupakan kasus diabetes tipe 3c.

Proporsi orang dengan penyakit pankreas yang terus mengembangkan diabetes tidak jelas tapi tidak terjadi pada semua kasus dan mungkin ada penundaan yang lama sebelum timbulnya diabetes. Pada orang dewasa, diabetes tipe 3c lebih sering terjadi daripada diabetes tipe 1. Bahwa 1 persen kasus diabetes baru pada orang dewasa adalah diabetes tipe 1 dibandingkan dengan 1,6 persen untuk diabetes tipe 3c.

Selain itu, orang dengan diabetes tipe 3c dua kali lebih mungkin memiliki kontrol gula darah yang buruk dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Mereka juga lima sampai 10 kali lebih mungkin untuk membutuhkan insulin, tergantung pada jenis penyakit pankreas mereka.

Mengidentifikasi dengan benar jenis diabetes ini penting karena membantu pemilihan pengobatan yang benar. Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes tipe 2, seperti gliclazide, mungkin tidak efektif pada diabetes tipe 3c.

Misdiagnosis juga dapat membuang waktu dan uang untuk melakukan perawatan yang tidak efektif serta membuat kondisi pasien memburuk ke tingkat gula darah tinggi. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.