Seorang pegawai menata uang sebelum didistribusikan. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Bank Indonesia Kantor Perwakilan (BI KPw) Provinsi Bali mempersiapkan kas hingga Rp 3,1 triliun. Kesiapan ini untuk mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) terkait aktivitas Gunung Agung dan perayaan Galungan serta Kuningan. Demikian disampaikan Kepala BI KPw Bali, Causa Iman Karana, Jumat (20/10).

Dikatakan, uang tunai yang ada di Bali saat ini mencapai Rp 3,1 triliun baik uang pecahan besar maupun kecil. Sebanyak Rp 1 triliun diantaranya untuk antisipasi KLB dan hari raya Galungan dan Kuningan. “Kas BI Bali sebenarnya Rp 2 triliun. Tapi saya stok lebih dari itu. Juga untuk antisipasi seandainya nanti ada kejadian luar biasa (KLB) Gunung Agung,” sebutnya.

Baca juga:  40 KUPVA BB Ilegal Telah Disegel

Terkait perayaan Galungan, dijelaskan BI KPw Bali menyiapkan penukaran uang tunai dan pecahan uang kecil. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BI akan menambah kas keliling hingga daerah-daerah.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, lanjutnya, kebutuhan uang tunai dan pecahan uang kecil di Hari raya Galungan tidak terlalu tinggi. “Biasanya saat Nyepi tinggi kebutuhannya. Kalau Galungan tidak terlalu,” tandasnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.