terminal ubung
Kasat Lantas Polresta Denpasar Kompol Rahmawaty Ismail saat sosialisasi keputusan status Terminal Ubung jadi tipe C. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Terminal Ubung mulai turun tipe menjadi menjadi tipe C sejak September 2016. Namun banyak bus AKAP masih beroperasi hingga Senin (16/10). Untuk itu, satuan Lantas Polresta Denpasar, Dishub Denpasar dan Polsek Denpasar Barat (Denbar) melakukan sosialiasi keputusan penurunan tipe tersebut.

Selain itu petugas juga menertibkan angkot yang mangkal di depan terminal. Sebelumnya polisi juga merazia calo tiket.

Kasat Lantas Polresta Denpasar Kompol Rahmawaty Ismail mengatakan, kegiatan itu dilakukan atas perintah Kapolresta Denpasar untuk melakukan imbauan dan penertiban di Terminal Ubung. “Keputusan Dirjen Perhubungan Darat menetapkan Terminal Mengwi Tipe A. Sedangkan Terminal Ubung turun jadi tipe C,” tegasnya.

Semestinya tidak ada lagi bus AKAP yang menaikan dan menurunkan penumpang di sana. Dengan demikian bus tersebut sebenarnya tidak boleh masuk ke terminal di Jalan Cokroaminoto, Denpasar ini. “Hari ini baru tahap memberikan sosialisasi dan imbauan. Soal penindakan itu wewenang Dishub dan menunggu hasil rapat koordinasi (hari Selasa (17/10) -red). Rapat tersebut akan membahas optimalisasi Terminal Ubung,” mantan Kapolsek Kota Tabanan ini.

Baca juga:  Polisi Gagalkan Penyelundupan Reptil di Gilimanuk

Kasat Lantas yang akrab dipanggil Rahma ini mengumpulkan sopir bus dan angkot. Ia mengimbau supaya mematuhi aturan tersebut. Termasuk angkot yang bisa mangkal di depan terminal, disuruh masuk ke dalam terminal. “Sebenarnya tempat mangkal angkot di dalam terminal, tapi masih banyak memilih di luar. Selain itu menaikan atau menurunkan penumpang hanya boleh di dalam terminal. Itu yang akan kami tertibkan bersama instansi terkait,” tegasnya.

Ia berharap semua tertib dan mematuhi aturan untuk kenyamanan penumpang. Menurutnya penertiban tersebut akan terus dilakukan dan tidak menutup kemungkinan akan melakukan tindakan tegas berupa tilang. “Kami berharap Terminal Ubung bisa lebih tertib, nyaman dan aman. Pihak terkait kami harapkan ikut mendukung upaya ini demi kebaikan kita bersama,” ujar Rahma.(kertanegara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.