SEMARAPURA, BALIPOST.com – Taman Kanak-kanak Widya Kumara Desa Dawan Klod dan SDN 4 Kusamba Kecamatan Dawan mewakili Kabupaten Klungkung dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Bali 2017. Penilaiannya dilaksanakan di masing-masing sekolah, Jumat (13/10).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Ni Made Adi Swapatni, Tim Pendamping Kabupaten dan undangan terkait.

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta selaku Ketua Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang sambutannya dibacakan Nyoman Sunia selaku Tim Penilai menyampaikan UKS merupakan wahana untuk mengembangkan kepedulian sesama dan lingkungan sejak dini. Pelaksanaan program UKS yang terintregrasi dengan kearifan local yang memiliki nilai-nilai universal dan strategis sebagai kensep dasar bersunerginya pelaksanaan Trias UKS dalam pencapaian target, visi dan misi program UKS.

Ditegaskan melalui gerakan masyarakat hidup sehat akan meningkatakan derajat kesehatan peserta didik dan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan kerja keras, kerja cerdas, kerja berkualitas, kerja ikhlas dankerja tuntas. “Dengan komitmen ini kita selaku Tim Pembina UKS dan Tim Pelaksana UKS pada akhirnya mampu menjaga, mempertahankan dan mengembangkan program UKS yang kreatif dan inovatif denga menggali budaya lokal untuk mewujudkan generasi berkualitas dimulai  dari sekolah,” ungkapnya.

Baca juga:  Pelaksanaan "City Tour" di Klungkung Belum Berjalan Mulus

Pada kesempatan itu, juga disampaikan ucapan terimakasih kepada SMA Negeri 2 Semarapura sebagai Juara II jenjang SMA/SMK/MA dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat nasional 2017.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sangat mengapresiasi lomba ini. Menurutnya ini sebagai langkah penting untuk selalu bisa menjaga kebersihan, keramah tamahan, berperilaku yang baik maupun kerapian berpakaian di sekolah, sehingga mampu nantinya  mewujudkan tampilan sekolah yang baik. “Selalu jaga dengan baik cara berpakaian yang rapi, berperilaku yang sopan dan jaga kebersihan lingkungan,” tegasnya.

Lebih lanjut, bupati asal Nusa Ceningan ini juga menyampaikan komunikasi antara guru dengan murid juga harus terjalin dengan baik, sehingga proses mengajar disekolah selalu kondusif dan bisa berjalan dengan baik. Diharapkan pula sekolah mampu menerapkan komitmen yang kuat dan selalu menjaga pendidikan karakter  cerdas, sehingga apapun nanti program-program yang dibuat dapat berjalan baik. “Komitmen yang kuat harus selalu terjaga  dengan  sebaik-baiknya,” harapnya. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.