BANDUNG, BALIPOST.com – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung akan menggelar gawe besar dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day). Sekolah yang ada di bawah Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini akan menggelar acara International Tourism Jamboree (ITJ) yang dilaksanakan selama tiga hari dua malam pada 29 September hingga 1 Oktober 2017 di Taman Buru Masigit Kareumbi, Desa Leuwiliang, Cicalengka.

Ketua STP NHI Bandung, Anang Sutono menjelaskan, acara ini merupakan inisiatif STP NHI Bandung dan merupakan yang pertama kali digelar. “Jambore akan diikuti oleh seluruh peserta dan mentor selama berkemah yaitu trekking melalui hutan dan desa, Race Games, Leadership Games, penyampaian materi oleh narasumber,” kata Anang.

Anang menambahkan, dengan mengusung  tema “Wonderful  Tourism  Leaders”, International Tourism Jamboree 2017 memberi  kesempatan kepada para peserta untuk membangun karakter sebagai “Leaders‟, generasi yang mampu memahami konsep visi  dan misi kehidupan dan memiliki karakter yang solid

Baca juga:  Vardy Cetak Dua Gol, Foxes Tundukan the Reds

“Ketika ucapan dan tindakan masing-masing individu mulai dapat mempengaruhi lingkungannya, dan ketika keberadaannya  mendorong perubahan dalam organisasinya, maka pada saat itulah seseorang dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin sejati,” ujarnya.

Lebih lanjut Anang menerangkan Kegiatan  ITJ  2017  ini akan mengangkat tiga isu utama  berdasarkan tema “Wonderful Tourism Leaders” tersebut, yaitu Sustainable Tourism as a Tool of  Development, The Spirit of “Wonderful Tourism”, dan Digitalization and Connectivity.

“Bicara soal Digitalization, Homestay, and Connectivity, within the Framework of Sustainable Tourism–berdasarkan sudut  pandang  pemerintahan kita serahkan ahlinya, Ketua Pokja Bidang percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib akan memaparkan hal ini kepada seluruh peserta,” terangnya.

Sedangkan Ricky Zulfandi selaku Direktur Operasional Hotel Airy Rooms akan menyampaikan materi “Digitalization, Homestay, and Connectivity, within the Framework of Sustainable Tourism” berdasarkan sudut pandang bisnis dan Seleni Matus, Direktur Eksekutif dari The International Institute of Tourism Studies, The George Washington University akan menyampaikan materi terkait “The Concept of Sustainable Tourism in Development‟.

Baca juga:  Penyeberangan Selat Bali Akan Ditutup 24 Jam, Pelabuhan Ketapang Ditutup Lebih Dulu

Untuk peserta, imbuh Anang, akan dibatas hingga 200 peserta. “Hingga saat ini,peserta dan mentor yang telah terdaftar dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti kegiatan ITJ 2017 berasal dari 33 institusi pendidikan pariwisata di dalam dan luar negeri khususnya  ASEAN sebanyak 192 peserta,” tambahnya.

Peserta ini sebagian besar berasal dari seluruh  institusi  pendidikan yang  berada di  bawah naungan Kementerian Pariwisata Republik  Indonesia  seperti Sekolah Tinggi Pariwisata NHI  Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa  Dua Bali, Politeknik Pariwisata Palembang, Politeknik Pariwisata Makassar, Akademi  Pariwisata Medan, dan Politeknik Pariwisata Lombok.

Institusi  pendidikan lain yang akan turut  berpartisipasi adalah berasal dari berbagai kampus seperti Academy of Tourism and Hotel Darma Agung Medan, Akpar Majapahit  Surabaya, Akpar NHI Bandung, BINUS University, BSI Bandung, IPB, Institut STIAMI, Podomoro University, POLBAN, STP Bali International, STP Sahid Surakarta, STP Trisakti, SMKN 27 Jakarta, STIEPAR Yapari, Aktripa Bandung, STIEPAR Semarang, Telkom University Bandung, UIN Bandung, Universitas Atma Jaya Tangerang, Universitas  Bunda Mulia, Universitas Fajar Makassar, Universitas Jember, Universitas Kristen Petra Surabaya,    Universitas Muhammadiyah, Ponorogo,  Universitas  Negeri  Gorontalo, Universitas  Pelita  Harapan, Universitas Pendidikan   Ganesha Bali,UPI, Universitas Prasetya Mulya,

Baca juga:  Kapal Pesiar Costa Victoria Merapat di Sail Sabang 2017

“Turut juga peserta dari Cavite State University-Imus Philippines, dan University Tekonologi Malaysia,” tandasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut kreativitas para anak muda masa depan bangsa tersebut. Kata Menpar, International Tourism Jamboree ini akan memfasilitasi pertukaran informasi dan  jejaring antarinstitusi perguruan  tinggi  pariwisata di Indonesia dan ASEAN.

“Ini juga bisa sebagai ajang promosi pariwisataIndonesia dan dapat menciptakan generasi pariwisata muda yang tidak hanya memiliki kesadaran akan pentingnya pariwisata  berkelanjutan (sustainable tourism) namun  juga dapat mempengaruhi lingkungan dan sekaligus mempratekkannya. Selamat ber-Jambore, Selamat Hari Pariwisata Dunia,” kata Menpar Arief Yahya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *