Anggota TNI memanen sayur yang ditanam di Rindam IX/Udayana. (BP/san)
TABANAN, BALIPOST.com – Sesuai dengan instruksi Panglima TNI untuk memanfaatkan lahan yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan keluarga, Rindam IX/Udayana kemudian menanami lahan pekarangan di sekitarnya dengan sayur jenis kol, sawi, tomat dan cabai. Hasilnya setelah kurang lebih tiga bulan, Selasa (12/9) dilakukan panen kol yang diikuti oleh ibu-ibu pengurus Persit Kartika Candra Kirana Cabang X Rindam IX/Udayana.

Danrindam IX/Udayana, Kolonel Inf Windiyatno sebelum melakukan panen mengatakan penanaman sayur ini dilakukan di lahan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan keluarga sesuai instruksi Panglima TNI untuk memanfaatkan lahan kosong agar ditanami sayuran dan sekaligus perduli dengan kebersihan lingkungan. Windiyatno melanjutkan kegiatan ini sekaligus memberikan contoh kepada keluarga di lingkungan Rindam IX/Udayana bahwa dengan lahan terbatas pun bisa dimanfaatkan dan bisa memberikan hasil yang mendukung kebutuhan keluarga.

Baca juga:  Ini, Manfaat Antioksidan bagi Tubuh

Dengan memanfaatkan lahan maksimal dengan menanam jenis sayur sepeti kol, sawi, cabai dan tomat maka bisa memenuhi kebutuhan dapur dan dapat bernilai ekonomi serta tidak berpengaruh pada fluktuasi harga di pasaran terutama untuk cabai. “Jika sudah dilakukan penanaman cabai sendiri di pekarangan maka tidak berpengaruh jika cabai naik harganya di pasaran,” ujar Windiyatno.

Selain itu Rindam IX Udayana sebagai lemdik daerah dirancang untuk pengajaran peserta didik. Sehingga lewat kegiatan ini diharapkan peserta didik memiliki bekal tri pola dasar yang memadai serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan antara lain melalui kegiatan kebersihan lingkungan dan penanaman tanaman sayur. (Wira Sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.