PK Pandawa TNI AD berkumpul dalam rangka Reuni Akbar Nusantara di Pantai Pandawa, Kuta Selatan. (BP/ist)
MANGUPURA, BALIPOST.com – Pantai Pandawa, Kuta Selatan, sudah biasa dikunjungi wisatawan domestik maupun asing. Namun pada Sabtu (9/9), pantai yang terkenal di dunia ini disesaki sekitar 300 prajurit Bintara Prajurit Karier TNI AD yang datang dari seluruh Indonesia.

Alumni Sekolah Calon Bintara Prajurit Karier (Secaba PK) V TNI AD tahun 1997/1998 yang dikenal PK Pandawa berkumpul bukan karena situasi bahaya, tapi dalam rangka Reuni Akbar Nusantara. Panitia Reuni Akbar Lettu Chb. Ismail, Senin (12/9) mengatakan, peserta mulai tiba di Bali sejak Kamis (7/9). Mereka berasal dari berbagai satuan di seluruh Indonesia dan tersebar di seluruh Kodam.

Ditambahkannya, pihaknya juga mengundang seluruh perwakilan Bintara umum, mulai dari Militer Sukarela (Milsuk) 1 hingga PK terakhir yaitu PK 24. “Kami bersyukur karena mereka semua hadir dalam acara reuni akbar ini. Itu suatu kebanggan bagi kami,” tegasnya.

Lettu Ismail mengatakan tema yang diusung pada acara reuni ini yitu “Dari Sabang sampai Marauke, Merah Putih Didadaku, Pandawaku Kawan Satu.” Inti kegiatan twrsebut adalah yaitu pengukuhan Serma Anton Wahyudi asal Kodam IX/Udayana sebagai Ketua Pengurus PK Pandawa periode 2017-2022 dengan perangkat organisasi dari dari seluruh perwakilan Kodam di GOR Prajaraksaka, Kepaon, Denpasar Selatan.

“Kita lahir sama sebagai Bintara umum, hanya saja saya lebih dahuluan. Melalui acara yang bagus ini, mari kita jalin silaturahmi antara yang senior dengan yunior dengan tidak melihat sumber pendidikan dan kecabangan,” ujar Kapten Cba. Ribut Santoso, selaku perwakilan Bintara umum.

Baca juga:  Kasus Tewasnya Prajurit TNI, Anak Anggota DPRD Bali Disangkakan Pasal Berlapis

Usai pengukuhan Pengurus PK Pandawa periode 2017-2022, dilanjutkan ke Pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatab. Peserta dan wisatawan disungguhkan atraksi terjun para layang oleh Lettu Cba. I Kadek Sastrawan yang membentangkan bendera bertuliskan PK Pandawa dan menonton pertunjukan tari kecak kebanggaan masyarakat Bali.

Salah satu perwakilan Srikandi Pandawa, Lettu Chb. Tri Wulandari mengungkapkan, reuni tersebut salah satu upaya menjalin silaturahmi bagi Bintara PK V TNI AD yang tugas dari pulau paling timur sampai ke barat Indonesia. Selama ini reuni hanya dilaksanakan tingkat Kodam saja. Kegiatan semacam ini sekaligus jadi sarana untuk bertukar informasi.

Ketua Panitia, Lettu Czi. I Putu Indra menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara ini dengan baik dan lancar walaupun masih ada kekurangan. Acara ini merupakan reuni pertama se-Nusantara bagi PK Pandawa dan ini mungkin belum pernah terjadi pada Bintara umum lainnya. “Jadi ini suatu kebanggan bagi kami sebagai PK Pandawa. “Kami berharap silaturrahmi yang telah terjalin tersebut terus dipelihara dan dijaga dengan baik. Pandawa Nusantara yang sudah ada harus tetap aktif untuk mempermudah komunikasi dan manfaatkan medsos. Kami berharap ke depan PK Pandawa dimanapun berada harus tetap solid, kompak, semangat dan ikhlas dalam menjalankan tugas,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.