DENPASAR, BALIPOST.com – Mengatasi permasalahan kemacetan di Bali, salah satu solusinya adalah mengoptimalkan angkutan massal. Guna meningkatkan fasilitas tersebut serta bisa memberi pelayanan yang baik dan menarik minat masyarakat, keberadaan angkutan massal ini perlu disubsidi. Demikian dikemukakan Akademisi bidang transportasi, Cokorda Putra Wira Sutama.

Ia mengatakan permasalahan transportasi dan kemacetan yang kian parah di Bali saat ini memerlukan penanganan yang serius. Dalam menanganinya, diperlukan penyelesaian yang holistik dan komprehensif.

Baca juga:  Pariwisata Tak Cuma Hasilkan Pemasukan Negara, Tapi Pemersatu Nusantara

Harus ada perencanaan yang terintegrasi yang tidak hanya memikirkan jangka pendek saja, namun juga jangka panjang untuk ke depannya. Selain itu, menurut Dosen Fakultas Teknik Universitas Mahasaraswati ini, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah keberadaan angkutan massal yang kini sangat kurang diminati masyarakat.

Guna meningkatkan animo masyarakat memanfaatkan transportasi umum ini serta bisa memberi pelayanan yang baik, ia menilai perlu ada subsidi. Akademisi asal Ubud ini menambahkan dalam mengatasi permasalahan transportasi juga memerlukan sinergi pemerintah di kabupaten/kota bersama pemerintah provinsi.

Baca juga:  Puluhan Shutle Bus Akan Dioperasikan Untuk Cegah Kemacetan Ubud

Perencanaan-perencanaan seperti pembuatan jalan shortcut, jalan tol, dan yang lainnya harus direncanakan dengan matang dan tidak hanya menjadi sebatas wacana. (kmb/balitv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *