festival
NIPPON Paint Dukung Kreativitas Seniman Mural Pada Tropical Festival 2017. (BP/ist)
MANGUPURA, BALIPOST.com – Nippon Paint, produsen cat dan pelapis No. 1 di Asia kembali memberikan dukungannya kepada para seniman dari Indonesia dan mancanegara untuk menampilkan kreativitasnya di acara tahunan bertajuk “Tropical Festival” 2017. Melalui event Tropica Festival 2017 ini, Nippon Paint Indonesia ingin membantu meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai berbagai isu lingkungan dan sosial, khususnya dengan memanfaatkan seni graffiti/mural.

Sebanyak 45 seniman mural dari Indonesia dan mancanegara ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung selama lima hari, mulai 26 – 30 Juli 2017 di Canggu, Bali. Nippon Paint menyumbang 520 liter cat Nippon Weatherbond dan 2.664 Pylox yang digunakan para seniman selama festival berlangsung.

Tropical Festival adalah sebuah festival seni budaya urban yang bertujuan memberikan kesempatan pada para seniman lokal dan internasional untuk melukis mural bersama sekaligus meningkatkan kesadaran akan isu lingkungan di Bali.

Baca juga:  Mural Edukasi Kelola Sampah Hiasi Dinding TOSS Center

Selain itu, festival ini juga menjadi sarana bagi seniman lokal untuk bertemu dan terkoneksi dengan seniman terkenal dunia sekaligus  mendapatkan masukan mengenai dunia seni urban global.

Tropica Festival diselenggarakan atas kerjasama masyarakat lokal dan internasional untuk pertama kalinya pada tahun 2016 lalu dengan fokus utama pada seni jalanan dan graffiti.

Sebanyak 40 seniman dari 11 negara termasuk 10 artis dari Bali mengambil bagian dalam festival tahun lalu. Sebanyak 50 mural berhasil diciptakan oleh para seniman ini selama lima hari festival berlangsung. Tahun ini, Tropica Festival berhasil menggandeng lebih dari 45 seniman dari Indonesia dan negara lain untuk bersama-sama melukis sebuah mural selama festival yang berlangsung mulai 26 – 30 Juli 2017 di Canggu, Bali. Hasilnya, 25 mural karya seniman mural yang berasal dari Bali, Jakarta, Surabaya, Filipina, Australia, Amerika Serikat akan bisa dinikmati sepanjang tahun.

Baca juga:  Rencana HUT Ormas Tak Berizin di Kutsel, Ini Dilakukan Polresta Denpasar

Thomas Ng, Perwakilan dari Nippon Paint Indonesia mengatakan, tahun ini merupakan tahun kedua bagi Nippon Paint memberikan dukungan kepada penyelenggaraan TROPICA Festival di Canggu, Bali. Ini menjadi salah satu bentuk komitmen kami ikut secara aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai berbagai isu lingkungan dan sosial, khususnya melalui seni graffiti/mural. Melalui dua produk unggulan kami, kami ingin membantu masyarakat sekitar Canggu, Bali untuk ikut menikmati keindahan seni mural yang selaras dengan lingkungan sekitarnya.

Pada TROPICA Festival 2017, pihak NP Indonesia memberikan dukungan berupa uang tunai, 520 liter cat Nippon Weatherbond dan 2.664 kaleng Pylox. Sebelumnya, pada sebuah acara street art terbesar di Indonesia yaitu “Street Dealin’X” yang berlangsung di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada 5 – 10 Desember 2016 lalu, Nippon Paint Indonesia memberikan 250 liter cat Nippon Weatherbond dan 2.500 kaleng Pylox.

Baca juga:  Puluhan Anak "Tukang Suwun" Memural Tembok di Pasar Badung

Tahun ini, selain menampilkan akvitivas melukis mural bersama, maka sederet kegiatan seni lain seperti kompetisi seni, demo skateboard, kids workshop, pentas seni hip hop dan tarian juga turut memeriahkan festival ini. Pada kegiatan kids workshop, para peserta yang terdiri dari anak usia 7 hingga 17 tahun, akan dibantu oleh para seniman yang mengisi festival TROPICA untuk bersama-sama mempelajari teknik-teknik pengecatan menggunakan Pylox dan mencobanya secara langsung. (citta maya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *