Gowes
Ribuan peserta Gowes Pesona Nusantara saat dilepas didepan halaman kantor Bupati Tabanan. (BP/bit)
TABANAN, BALIPOST.com – Lebih dari 3.500 peserta gowes, tampak memeriahkan ajang Gowes Pesona Nusantara agenda Kementrian Pemuda dan Olahraga di kabupaten Tabanan, Minggu (30/7). Selain peserta Gowes, ajang promosi Asian Games 2018 ini juga diramaikan sekitar 1.500 peserta jalan santai. Gowes Pesona Nusantara Tabanan start di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, dan dilepas Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa. Sebelum start gowes, acara diawali senam gowes dan prosesi pemberian tanah dan air dari Pemkab Tabanan kepada pihak Kemenpora yang diiringi kesenian khas Tabanan ‘Okokan’.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Wayan Adnyana, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Pusat Prof. Dr. Faisal Abdullah, para OPD terkait dan masyarakat setempat.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan Gowes Pesona Nusantara di Tabanan. “Saya beri apresiasi tinggi dan mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora karena Tabanan ditunjuk menjadi salah satu daerah pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara tahun  2017. Maka dari itu mari kita beri dukungan,” ujanya.

Menurutnya, Gowes Pesona Nusantara merupakan implementasi gerakan “Ayo Olahraga” guna terciptanya pembudayaan olahraga di masyarakat. “Kegiatan ini kami harapkan dapat menggelorakan, mengajak, menggerakkan dan memotivasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat melalui aktivitas olahraga khususnya dengan bersepeda,” ungkapnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Faisal Abdullah juga memberikan apresiasi kepada para peserta di Kabupaten Tabanan. Bahkan jumlah peserta yang ada di Kabupaten Tabanan ini lebih banyak dibandingkan kabupaten lain. Pihaknya juga berharap agar olahraga dapat dijadikan alat pemersatu bangsa. “Saya sangat salut melihat antusias para peserta di Kabupaten Tabanan ini. Jumlahnya malah melebihi peserta di Kabupaten lain. Saya harap tahun depan kegiatan ini dapat diselenggarakan lagi di Tabanan. Dengan adanya olahraga, kita dapat mempersatukan bangsa, meningkatkan persaudaraan dan menyejahterakan rakyat,” ungkapnya.

Baca juga:  Lomba Anyaman Bambu, Disayangkan Kabupaten yang Dikenal Sentranya Justru Tak Kirim Peserta

Kepala Dinas Pendidikan I Wayan Adnyana mengatakan sebelumnya untuk mensukseskan jalannya perhelatan Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Tabanan, telah dilakukan prosesi pengambilan Tanah dan Air yang berlangsung Kamis, (27/7) lalu di Pura Luhur Batukaru dan di Pura Ulundanu Beratan.

“Untuk Tanah kita ambil di Pura Luhur Batukaru, sedangkan Air kita ambil di Pura Ulundanu Beratan. Kedua tempat itu memiliki filosofi yang luar biasa, karena memiliki sejarah yang merupakan sumber kemakmuran.” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat pengambilan tanah dan air berjalan dengan suka cita dan berlangsung cukup magis juga. Semua itu merupakan wujud dari Implementasi Nyegara Gunung sebagai konsep  di Bali dan juga Tri Hita Karana.

“Kemudian yang paling penting lagi adalah implementasi dari Harmoni Award yang telah diterima oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Dan kegiatan ini sesungguhnya bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan  semangat kebangsaan anak-anak bangsa Indonesia” imbuhnya.

Para peserta Gowes Pesona Nusantara di Tabanan menempuh jarak kurang lebih 20 Kilometer, dengan rute Kantor Bupati Tabanan – Jalan Gajah Mada – Tuakilang – Tunjuk – Marga –  Kediri -Sanggulan, hingga finish  kembali di Kantor Bupati Tabanan . Para peserta  tampak begitu antusias menuju garis finish untuk ikut dalam pengundian sejumlah hadiah, dengan hadiah utama berupa sebuah sepeda motor, dua buah sepeda gunung serta puluhan hadiah hiburan. Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang Gala Desa. (pusawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.