PDAM
Air Minum Otomatis (Amo) di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, telah lama ditutup PDAM Denpasar karena memakan korban jiwa. (BP/eka)
DENPASAR, BALIPOST.com – Buntut terjadinya musibah yang menimpa Rendi Rizaldi yang meninggal saat hendak minum air di mesin Air Minum Otomatis (AMO) di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, PADM akhirnya mengambil sikap. Setelah melakukan berbagai perbaikan, diputuskan dua mesin AMO ditutup secara permanen. Dua AMO yang diututp, yakni di Lapangan Puputan Badung dan di Pantai Sanur.

Hal ini ditegaskan Dirut PDAM Denpasar I.B.Gede Arsana dikonfirmasi, Rabu (26/7). Penutupan dua mesin AMO tersebut akibat terjadi kerusakan pada mesin-mesinnya. Upaya perbaikan yang telah dilakukan tidak membuahkan hasil, sehingga demi keamanan akhirnya ditutup.

Arsana mengatakan, selain menutup dua mesin AMO yang sudah ada, pihaknya juga melakukan perbaikan di semua mesin yang ada. Disebutkan, dua AMO juga ada yang dilakukan pergantian mesin. Lokasi AMO yang dilakukan pergantian mesin, yakni di Lapangan Lumintang dan Lapangan Puputan Renon.

Dikatakan perbaikan yang dilakukan ini terkait dengan peristiwa yang di AMO Lapangan Puputan Badung beberapa waktu lalu. Untuk memberikan kenyamanan bagi warga, pihaknya tetap membuka pelayanan AMO di beberapa tempat.  “Tiga mesin AMO yang sudah ada, seperti di Sewaka Dharma sudah bisa dioperasikan,” katanya.

Baca juga:  Tanggapan PDAM Kota Denpasar

Seperti diketahui, sebelumnya PDAM telah memasang tujuh mesin AMO. Tujuh tempat itu, yakni di Kantor PDAM, Lapangan Puputan Margarana, Renon (satu unit), Lapangan Puputan Badung (2 unit), Taman Kota Lumintang (1 unit),  di Jalan Subita (satu unit), dan satu lagi di Pantai Segara Ayu, Sanur.

Pemasangan mesin AMO ini merupakan tindaklanjut dari PP No.16 Tahun 2005 yang kewajibkan PDAM seluruh Indonesia untuk menyiapkan air siap minum, PDAM Kota Denpasar telah mewujudkan pembangunan air siap minum yang telah dimulai pada tahun 2007 berupa Air Minum Otomatis (AMO) yang berlokasi di Kantor PDAM Kota Denpasar, pada tahun 2008 telah dibangun kawasan air siap minum yang belokasi di Jalan Subita dan pada tahun 2009 dibangun kembali AMO yang berlokasi di Pantai Segara Ayu Sanur. (asmara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.