Suasana pelaksanaan gerak jalan 45 di Buleleng dalam perayaan HUT RI. (BP/dok)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Untuk pertama kalinya lomba gerak jalan 45 kilometer yang rutin digelar setiap HUT Proklamasi RI mengambil posisi start di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. Lokasi start ini mempengaruhi perubahan rute gerak jalan. Semua peserta nantinya akan melalui rute tambahan di ruas jalan protokol di Kota Singaraja.

Ketua Umum KONI Buleleng Nyoman Arta Widnyana mengatakan hal itu usai memimpin rapat koordinasi dengan jajaran panitia di sekretariat KONI Buleleng belum lama ini. Dia mengatakan, pertimbangan memindahkan garis start dari lokasi sebelumnya di Desa Musi adalah untuk memperlancar arus lalu lintas (Lalin-red).

Perubahan ini berdampak pada rute berikutnya dimana para peerta akan menambah rute di tengah kota. Selain itu diharapkan juga etape pertama bisa menggunakan lapangan umum Seririt, sehingga tempat istirahat dan aktifitas pendukung yang bisa diakomodir lebih banyak.

Gerak jalan bergengsi ini rencananya akan dihelat 12 Agustus 2017. “Dari hasil evaluasi dan kajian secara teknis dari segri krodit lalulintas maka diputuskan untuk memindahkan start di Pelabuhan Celukan Bawang mengingat tempatnya di dalam maka tidak terlalu banyak mengganggu arus lalulintas,” katanya.

Baca juga:  Pupuk Nasionalisme Lewat Gerak Jalan

Gerak jalan ini akan memisahkan kategori peserta umum dan pelajar atau mahasiswa. Kebijakan ini sesuai arahan Bupati Putu Agus Suradnyana (PAS) yang meminta agar membedakan kelompok pelajar dan mahasiswa, organisasi pemuda, instansi dan umum. Terkait hadiah, juara pertama disiapkan hadiah uang pembinaan Rp 50 juta, juara dua Rp 30 juta dan juara ketiga sebesar Rp 20 juta.

Sementara untuk kategori peserta tingkat SD dan SMP dengan rute delapan kilometer akan digelar pada 8 dan 9 Agustus. Kategori dewasa putri dengan rute 17 kilometer digelar 10 Agustus 2017 dengan mengambil start dan finish di Jalan Udayana Singaraja depan GOR Bhuwana Patra Singaraja. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.